Pengertian

Enakur mengandung metoclopramide yaitu obat yang dapat mengobati masalah perut dan usus, seperti rasa panas di perut (heartburn), asam lambung, dan maag kronik. Metoclopramide digunakan untuk maag yang muncul setelah makan atau di siang hari. Metoclopramide juga digunakan pada pasien diabetes yang memiliki kesulitan dalam mengosongkan perut (gastroparesis). Metoclopramide bekerja dengan menghambat substansi natural (dopamine) dan mempercepat pengosongan perut dan pergerakan usus atas.

Keterangan

  • Golongan : Obat Keras
  • Kelas Terapi : Anti Emetik
  • Kandungan : Metoclopramide 10 mg
  • Bentuk : Tablet
  • Satuan penjualan : Strip
  • Kemasan : Strip @ 10 tablet
  • Farmasi : Harsen

Kegunaan

Enakur yang mengandung metoclopramide befungsi untuk meredakan mual dan muntah pada gangguan saluran cerna dan pada pengobatan dengan sitotoksik atau radioterapi.

Dosis & Cara Penggunaan

Enakur merupakan obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan enakur juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena Dosis Penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita

  • Mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi kanker atau radioterapi
    Dewasa : 10 mg sampai 2 kali sehari. maksimal dikonsumsi selama 5 hari
  • Pergerakan statis lambung pada penderita diabetes
    Dewasa: 10 mg 4 kali sehari selama 2 - 8 minggu
  • Penyakit gastro-esofagus reflux
    Dewasa : 10-15 mg 4 kali sehari, dosis dapat ditambah dengan dosis maksimal 20 mg, maksimal durasi penggunaan obat ini adalah 12 minggu
    Lansia : 5 mg/dosis

Efek Samping

Efek samping yang terjadi apabila mengkonsumsi enakur yaitu:

  1. Gangguan GI (konstipasi, diare).
  2. Mengantuk.
  3. Sindrom ekstrapiramidal (kondisi yang terjadi akibat gangguan pada sistem ekstrapiramidal di otak. Akibatnya, penderita melakukan gerakan-gerakan yang tak disadari dan sulit dikendalikan)
  4. Pusing
  5. Lelah.

Kontraindikasi:
Pasien yang memiliki hipersensitifitas terhadap obat metoclopramide

Interaksi obat:
Obat yang dapat berinteraksi dengan metoclopramide adalah antikolinergik & analgesik narkotik, obat yang menekan SSP, digoksin, simetidin, parasetamol, tetrasiklin, levodopa.

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan enakur ke dalam Kategori B
Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).