Pengertian

Endometril mengandung Lynestrenol yang merupakan progestogen yang secara struktural terkait dengan norethisterone. Obat ini digunakan untuk gangguan mesturasi dan kontrasepsi.

Keterangan

  • Golongan : Obat Keterangan
  • Kelas Terapi : Hormon
  • Kandungan : Lynesterol 5 mg
  • Bentuk : Tablet
  • Satuan penjualan : Strip
  • Kemasan : Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi : Merck sharp & Dohme Pharma

Kegunaan

Lynesterol biasanya digunakan untuk wanita yang mempunyai gangguan menstuasi,dan dapat juga digunakan sebagai kontrasepsi.

Dosis & Cara Penggunaan

Endometril merupakan obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan endometril juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena Dosis Penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Dewasa: 0,5 mg setiap hari ketika digunakan sendiri atau 0,75-2,5 mg setiap hari bila digunakan dengan estrogen.

Gangguan menstruasi : 5-10 mg sehari

Efek Samping

  1. Gangguan pada sistem pencernaan
  2. Terbentuk ruam kulit (kemerahan)
  3. Sakit kepala dan migren
  4. Perubahan mood
  5. Berat badan berubah
  6. Terjadi perdarahan intermenstrual
  7. Infeksi vagina


Kontraindikasi:

Pasien wanita yang memiliki riwayat penyakit hati, pernah mengalami perdarahan vagina, memiliki riwayat penyakit pruritus berat saat masa kehamilan. Kontraindikasi juga bisa dirasakan untuk pasien yang mengalami herpes gestasional.

Interaksi Obat:
Estrogen dapat mengurangi efektivitas dan meningkatkan metabolisme rifampicin atau barbiturate. Selain itu, obat ini juga tidak boleh digunakan bersama dengan dasabuvir, ombitasvir, paritaprevir, titonavir, dan asam traneksamat.

Keamanan Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan endometril ke dalam Kategori X:
Studi pada hewan atau manusia telah menunjukkan kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman manusia. Risiko penggunaan obat ini pada wanita hamil jelas melebihi manfaat yang diharapkan. Obat ini dikontraindikasikan pada wanita hamil dan wanita usia subur yang memiliki kemungkinan hamil.