Pengertian

Erbitux 5 mg/mL termasuk golongan obat keras yang mengandung zat aktif Cetuximab. Erbitux 5 mg/mL adalah obat yang berfungsi untuk mengobati penyakit kanker kolon (usus besar) atau rektum tertentu yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Erbitux 5 mg/mL Injeksi juga digunakan untuk kanker kepala dan leher, dan kanker ginjal. Erbitux 5 mg/mL tergolong dalam obat-obatan kelas terapi target kanker yang akan menghambat atau mematikan pertumbuhan sel kanker. Erbitux 5 mg/mL adalah protein buatan manusia (antibodi monoklonal).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik
  • Kandungan: Cetuximab 5 mg/mL
  • Bentuk : injeksi
  • Satuan Penjualan: Vial
  • Kemasan: Vial @ 20 mL
  • Farmasi: PT. Merck Indonesia

Kegunaan

Erbitux 5 mg/mL Injeksi digunakan untuk terapi pengobatan kanker kolorektal matastatik sesudah kegagalan terapi sitotoksik dengan irinotecan. pengobatan kombinasi dengan radioterapi untuk kanker sel skuamosa pada kepala dan leher.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis & Cara Mengonsumsi:
Erbitux 5 mg/mL Injeksi masuk dalam golongan obat keras, yang hanya dapat dibeli dengan resep dari Dokter dan dapat dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai yang diberikan oleh Dokter. Aturan Pakai obat ini sebagai berikut :

400 mg/m2 diberikan sebagai infus dalam waktu 120 menit dilanjutkan dengan 250 mg/m2 tiap minggu hingga terjadi progresivitas penyakit atau toksisitas yang tidak dapat diterima.

Efek Samping

Efek Samping :
Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. efek samping yang ditimbulkan dari pesien yang mengkonsumsi Erbitux 5 mg/mL Injeksi adalah sebagai berikut :
-Kulit kering dan pecah-pecah
-Iritasi kulit ringan atau gatal-gatal
-Perubahan warna pada kuku tangan dan kaki
-Sakit kepala
-Diare
-Mual, muntah, perut melilit
-Sakit tenggorokan
-Berat badan berkurang
-Merasa lemah
Bila efek samping menetap bahkan memburuk segera hentikan pengonsumsian dan segera konsultasikan ke Dokter.

Kontraindikasi:
Ritme jantung bermasalah
Penyakit paru atau gangguan pernapasan
Gagal jantung kongestif
Penyakit jantung koroner (arteri tersumbat)
Ketidakseimbangan elektrolit (kadar potasium atau magnesium rendah dalam darah)

Interaksi obat:
-

Kategori kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Erbitux 5 mg/mL Injeksi ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin.

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Erbitux 5 mg/mL Injeksi selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.