Pengertian

Etapril merupakan sediaan tablet yang mengandung Captopril, obat ini diproduksi oleh Errita Pharma. Etapril atau Captopril digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Obat ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Obat ini juga digunakan untuk mengobati gagal jantung, melindungi ginjal dari bahaya akibat diabetes, dan untuk meningkatkan kelangsungan hidup setelah serangan jantung. Captopril adalah penghambat Angiotensin-Converting Enzyme (ACE) dan bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih mudah.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: ACE Inhibitor.
  • Kandungan: Captopril 25 mg.
  • Bentuk: Tablet.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @10 Tablet.
  • Farmasi: Errita Pharma.

Kegunaan

Etapril digunakan sebagai obat penurun tekanan darah pada penderita hipertensi.

Dosis & Cara Penggunaan

Etapril merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan etapril juga harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Hipertensi
2 x sehari 1 tablet, maksimal 3 x sehari 1 tablet.

Efek Samping

  1. Batuk kering.
  2. Mual
  3. Diare
  4. Sakit kepala
  5. Rasa lelah
  6. Mata rasa pada jari-jari.
  7. Denyut nadi tidak teratur
  8. Sesak napas ringan
  9. Rasa berat di kaki
  10. Kebingungan


Kontraindikasi:

  1. Hipersensitif terhadap kandungan obat.
  2. Wanita hamil dan menyusui.


Interaksi Obat:

  1. Obat nyeri golongan OAINS (Obat Anti Inflamasi Non Steroid) dapat menurunkan reaksi Captopril dan beresiko merusak ginjal.
  2. Obat diabetes dapat menimbulkan hipoglikemia kronis (kadar gula dalam tubuh rendah).
  3. Obat everolimus (penolakan transplantasi organ) atau sirolimus berpotensi meningkatkan risiko angioedema (pembengkakan dibawah kulit karena reaksi alergi).
  4. Obat diuretik (mengurangi penyerapan natrium dalam ginjal) atau nitrat, dapat meningkatkan risiko hipotensi (tekanan darah rendah).
  5. Obat insulin (suntik) dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah rendah).
  6. Obat Aliskiren atau angiotensin II reseptor bloker dapat berisiko meningkatkan gangguan ginjal, hiperkalemia (jumlah kalium darah sangat tinggi) dan hipotensi (tekanan darah rendah).


Kategori Kehamilan:

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan etapril ke dalam Kategori D:
Ada bukti positif risiko pada janin manusia, tetapi manfaat obat jika digunakan pada wanita hamil dapat diterima meskipun ada risiko (misalnya, jika obat tersebut diperlukan dalam situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat-obatan yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).