Pengertian

Ethicol adalah obat penurun kolesterol tinggi dan mengurangi risiko terjadinya penyakit-penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke. Ethicol memiliki simvastatin sebagai zat aktifnya. Simvastatin bekerja dengan cara menurunkan kolesterol dan lemak jahat (seperti LDL, trigliserida) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Keterangan

  • Golongan : Obat keras
  • Kelas Terapi : Kolesterol
  • Kandungan : Simvastatin 10 mg
  • Bentuk : Tablet salut selaput
  • Satuan Penjualan : Strip
  • Kemasan : Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi : Soho industri farmasi

Kegunaan

Ethicol digunakan untuk penurun kolesterol tinggi dan mengurangi risiko terjadinya penyakit-penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.

Dosis & Cara Penggunaan

Ethicol merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan ethicol juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Dewasa:
10 mg sehari sekali, sebelum tidur. Dosis dapat ditingkatka menjadi 20 mg perhari sesuai dengan kondisi pasien dan rekomendasi dari Dokter/apoteker.

Efek Samping

-Sakit kepala
-Mual
-Perut kembung
-Mulas
-Sakit perut
-Diare atau sembelit.

Kontraindikasi :
-Tidak boleh digunakan oleh penderita penyakit ginjal.
-Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat alergi obat Simvastatin.
-Jangan menggunakan obat kolesterol tinggi ini jika anda sedang hamil karena obat ini diketahui berakibat buruk pada janin.

Interaksi Obat :
Ethicol dapat berinteraksi dengan itraconazole, ketoconazole, posaconazole, vorikonazol, eritromisin, klaritromisin, telitromisin.

Katagori kehamilan :
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Ethicol ke dalam Kategori X:
Studi pada hewan atau manusia telah menunjukkan kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman manusia. Risiko penggunaan obat ini pada wanita hamil jelas melebihi manfaat yang diharapkan. Obat ini dikontraindikasikan pada wanita hamil dan wanita usia subur yang memiliki kemungkinan hamil.