Pengertian

Extraneal Infus adalah obat infus dengan kandungan zat aktif Icodextrin. Icodextrin adalah obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatur kesetimbangan tekanan cairan tubuh. Icodextrin digunakan dalam proses terapi dialisis; yaitu terapi cuci darah atau pembuangan zat-zat sisa dan air berlebih pada darah pada pasien dengan gangguan atau kegagalan fungsi ginjal. Fungsi ini seharusnya dilakukan oleh ginjal; akan tetapi pada konsisi tertentu, ginjal tidak mampu menjalankan fungsi ini secara cukup, sehingga dibutuhkan tindakan dialisis.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Suplemen & Terapi Penunjang.
  • Kandungan: Icodextrin 7,5%.
  • Bentuk: Cairan infus.
  • Satuan Penjualan: Ultrabag.
  • Kemasan: Ultrabag 2 L.
  • Farmasi: PT Kalbe Farma.

Kegunaan

Untuk pertukaran cairan tunggal harian pada pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD) atau Automated Peritoneal Dialysis (APD). Untuk meningkatkan ultrafiltrasi dan klirens pada long dwell pada pasien dengan karakteristik membran peritoneum high average atau high transporter.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis umum Intraperitoneum untuk dwell time 8 - 16 jam.

Efek Samping

Efek samping terkait prosedur (nyeri abdomen, peritonitis, infeksi sekitar kateter, dsb). Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit, hipo- dan hipervolemia, hipo- dan hipertensi, kram otot, dan sindroma disequilibrium (perubahan pH darah yang cepat). Perlu diperhatikan bahwa obat ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil / menyusui dan pasien penyakit ginjal akut.

Kontraindikasi
Hipersensitivitas (reaksi berlebihan) terhadap komponen obat ini, intoleransi terhadap maltosa atau isomaltosa, pasien dengan penyakit penyimpanan glikogen, keracunan asam laktat

Interaksi Obat
-

Kategori Kehamilan
-