Pengertian

Ezelin mengandung Insulin glargine digunakan untuk pengobatan diabetes melitus yang membutuhkan insulin. Insulin Glargine yang terkandung dalam Ezelin adalah analog insulin manusia dirancang untuk memiliki kelarutan yang rendah pada pH netral. Ezelin benar-benar larut pada pH asam dari larutan injeksi Ezelin (pH 4). Setelah injeksi ke dalam jaringan subkutan, larutan yang bersifat asam tersebut dinetralkan di mana nantinya mengarah pada pembentukan mikro-endapan sehingga jumlah kecil Ezelin akan terus dilepaskan sehingga durasi kerjanya menjadi panjang. Ezelin sangat mirip dengan insulin manusia sehubungan dengan kinetik penempelan reseptor insulin. Aktivitas utama dari insulin, termasuk insulin glargine, adalah regulasi metabolisme glukosa. Insulin dan analognya menurunkan kadar glukosa darah dengan merangsang pengambilan glukosa perifer, terutama oleh otot rangka dan lemak, dan dengan menghambat produksi glukosa hati. Insulin menghambat lipolisis di adiposit, menghambat proteolisis, dan meningkatkan sintesis protein. Dalam satu kemasan terdapat 1 cartridge 3 mL, setiap mL mengandung 100 unit insulin glargine (setara dengan 3.64 mg).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Preparasi Insulin.
  • Kandungan: Insulin glargine.
  • Bentuk: Cartridge.
  • Satuan Penjualan: Box.
  • Kemasan: Box @ Cartridge 3 mL.
  • Farmasi: PT Kalbe Farma.

Kegunaan

Sebagai pengobatan diabetes melitus pasien dewasa, remaja, dan anak-anak di atas usia 6 tahun, di mana terapi insulin dibutuhkan

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Ezelin perlu dikonsultasikan dahulu dengan Dokter. Kebutuhan dosis insulin dipengaruhi oleh pola makan, aktivitas fisik, kerja, atau penyakit lain dari pasien, sehingga harus dipertimbangkan secara individu. Kadang penyuntikan insulin glargine dikombinasikan dengan insulin kerja cepat, insulin analog kerja singkat, dan obat antidiabetes oral.Jika terdapat perubahan regimen terapi dengan insulin lainnya, dosis insulin glargine perlu disesuaikan termasuk dosis obat kombinasi yang digunakan pada waktu bersamaan.Ketika pasien dialihkan dari insulin NPH dua kali sehari menjadi insulin glargine sekali sehari, dosis awal insulin glargine dikurangi sekitar 20-30% dari dosis total harian insulin NPH di minggu pertama. Jika penyakit diabetes melitus yang diidap pasien memiliki kontrol glukosa yang buruk, dosis insulin glargine harus disesuaikan agar tercapai kontrol glukosa yang baik.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi yaitu hipoglikemia (penurunan kadar gula darah), pada umumnya merupakan efek samping yang paling sering terjadi dalam terapi insulin, dapat terjadi jika dosis insulin lebih tinggi dari kebutuhannya. Gangguan metabolisme dan gizi, gangguan sistem imun, gangguan mata, gangguan kulit dan jaringan subkutan, gangguan umum dan kondisi area injeksi.

Kontraindikasi
Hipersensitif (reaksi berlebihan) terhadap insulin glargine dan komponen lainnya

Interaksi Obat
1. Iproniazid
2. Isocarboxazid
3. Linezolid
4. Methylene Blue
5. Moclobemide
6. Nialamide
7. Phenelzine

Keamanan Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Ezelin Pen 100 u/mL ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

"Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin."

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Ezelin Pen 100 u/mL selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.