Pengertian

Fasgo merupakan obat yang mengandung paracetamol yang digunakan sebagai penurun demam dan pereda nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi dan sakit ringan lainnya.

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas.
  • Kelas Terapi: Analgetik dan Antipiretik.
  • Kandungan: Paracetamol 650 mg.
  • Bentuk: Kaplet.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet.
  • Farmasi: PT Hexpharm Jaya.

Kegunaan

Untuk menurunkan demam, meredakan nyeri kepala dan nyeri gigi.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis umum: 10 - 15 mg/kgBB tiap 4 - 6 jam. Dosis dewasa 4g/hari. Dosis anak 60 mg/kg BB per hari. Pemberian obat untuk usia > 12 tahun yaitu 3 x sehari 1 kaplet. Untuk usia 5 - 12 tahun yaitu 3 x sehari 1/2 kaplet.

Efek Samping

Efek samping penggunaan Fasgo 500 mg dalam jangka lama dan dosis besar dapat menyebabkan kerusakan hati dan reaksi hipersensitivitas.

Kontraindikasi
Hindari penggunaan Fasgo 500 mg pada pasien yang memiliki hipersensitif terhadap paracetamol dan juga memiliki gangguan hati derajat berat.

Interaksi Obat
Efek antikoagulan warfarin dan coumarin lainnya dapat meningkat dengan penggunaan paracetamol harian yang rutin sehingga dapat meningkatkan risiko perdarahan. Mengurangi absorbsi jika digunakan bersama dengan kolestiramin. Meningkatkan absorbsi jika digunakan bersama metoclopramid dan domperidon. Meningkatkan konsentrasi serum jika digunakan bersama probenecid. Dapat meningkatkan konsentrasi serum kloramfenikol.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Fasgo 500 mg ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya). Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Fasgo 500 mg selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.