Pengertian

Fridep merupakan obat produksi Mersifarma Tirmaku Mercusana yang isi kandungannya Sertralin HCl yang merupakan obat anti depresan yang kegunaannya mengobati Gejala depresi pada pasien dengan atau tanpa riwayat mania. Fridep merupakan golongan obat keras yang penggunaannya harus dengan resep Dokter dan di konsultasikan dengan Dokter.Mekanisme kerja obat antidepresan ini bekerja dengan menyeimbangkan zat kimia serotonin dalam otak.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Anti Depresan
  • Kandungan: Sertralin HCl 50mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan:Dus, 10 Strip @ 10 Tablet
  • salut selaput
  • Farmasi:Mersifarma Tirmaku Mercusana.

Kegunaan

Fridep di gunakan untuk menangani berbagai gangguan mental,seperti depresi, OCD (obsessive compulsive disorder/gangguan yang ditandai dengan pikiran negatif yang membuat penderita merasa gelisah, takut, dan khawatir,gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, serta PTSD (gangguan stres pascatrauma).

Dosis & Cara Penggunaan

Fridep merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Fridep juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Awalnya 50 mg sekali sehari.
Jika perlu, dosis dapat ditingkatkan pada interval minimal 1
minggu hingga maksimal 200 mg / hari.
Dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Efek Samping

Efek Samping
Efek samping yang mungkin terjadi selama mengkonsumsi Fridep yaitu:
1. Mulut kering
2. Mual
3. Diare / mencret
4. Disfungsi seksual pria (masalah yang menghalangi seseorang memiliki hasrat seksual atau mendapat kepuasan dalam kegiatan seksual).
5. Peningkatan keringat
6. Dispepsia (sekumpulan gejala nyeri, perasaan tidak enak pada perut bagian atas yang menetap, atau berulang isertai dengan gejala lainnya seperti rasa penuh saat makan,cepat kenyang, kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah, dan dada terasa panas, yang berlangsung).

Kontraindikasi
Bersamaan atau dengan terapi MAOI (monoamine oxidase inhibitors/penghambat monoamine oksidase) adalah salah satu jenis obat dari golongan antidepresan 2 minggu.

Interaksi Obat
Hindari penggunaan dg dalam 2 minggu MAOI.Pantau pasien saat menggunakan dg litium, triptofan, obat yang sangat terikat protein.

Kategori Kehamilan
Kategori C: Salah satu studi pada hewan telah mengungkapkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat harus diberikan hanya jika manfaat potensial membenarkan potensi risiko pada janin.