Pengertian

Getanosan merupakan obat yang diproduksi oleh PT. Sanbe Farma. Getanosan adalah obat yang mengandung gemcitabine yang digunakan untuk mengobati kanker pankreas, paru-paru, ovarium, dan payudara. Getanosan kadang diberikan dengan obat kanker lain, atau ketika pengobatan kanker lainnya tidak berhasil atau berhenti bekerja.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Kemoterapi Sitotoksik.
  • Kandungan: Gemcitabine 200 mg.
  • Bentuk: Vial
  • Penjualan: Vial.
  • Kemasan: Vial @ 200 mg.
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Untuk terapi pengobatan kanker paru jenis sel non kecil, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker kandung kemih dan kanker payudara.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis tersedia dalam ukuran 200mg untuk penggunaan bervariasi (sesuai regimen).

Efek Samping

Efek Samping
Efek samping yang mungkin terjadi adalah mielosupresi (menekan produksi darah), mual muntah, peningkatan ALT & AST, alkaline phosphatase, nyeri, demam, ruam, dispnea (sesak), konstipasi, diare, perdarahan, infeksi, alopesia.

Kontraindikasi
Hipersensitif (reaksi alergi berlebihan) terhadap komponen Gentanosan.

Interaksi Obat
-

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Getanosan Injeksi ke dalam Kategori D :

Terbukti menimbulkan resiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh jika digunakan pada wanita hamil dapat dipertimbangkan (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak efektif atau tidak dapat diberikan). Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Getasosan Injeksi selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.