Pengertian

Glivec merupakan obat berbentuk tablet yang di produksi oleh Novartis Indonesia. Obat ini mengandung Imatinib mesilate yang diindikasikan untuk pengobatan pada kanker. Imatinib merupakan inhibitor tirosin kinase yang menghambat tirosin kinase BCR-ABL yang diciptakan oleh kelainan kromosom Philadelphia pada leukemia myeloid kronis (CML). Imatinib memblokir proliferasi dan menginduksi apoptosis dalam garis sel positif BCR-ABL, serta sel-sel leukemia dari CML positif kromosom Philadelphia. Imatinib juga menghambat reseptor kinase untuk faktor pertumbuhan turunan trombosit (PDGF) dan faktor sel induk (SCF), c-kit, PDGF- dan peristiwa seluler yang dimediasi SCF.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Target Terapi Kanker
  • Kandungan: Imatinib mesilate 100 mg
  • Bentuk: Tablet Salut Selaput
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet Salut Selaput
  • Farmasi: Novartis Indonesia

Kegunaan

Glivec tablet diindikasikan sebagai pengobatan untuk pasien kanker.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter.

Protuberans Dermatofibrosarcoma
Dewasa: 400 mg 2 x sehari.

Leukemia Mieloid Kronis
Dewasa: Fase kronis: 400 mg setiap hari, dosis ditingkatkan menjadi 600 mg setiap hari atau 400 mg 2 x sehari. Krisis Blast atau fase yang dipercepat: 600 mg setiap hari, dosis ditingkatkan menjadi 400 mg sesuai kebutuhan.

Anak: Fase kronis atau lanjut: 340 mg / m2 setiap hari. Maksimal: 800 mg. Dapat diberikan 1 x sehari atau dibagi menjadi dosis pagi dan sore. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 570 mg / m2 setiap hari pada anak dengan kelanjutan penyakit, respons hematologis yang tidak memuaskan setidaknya 3 bulan pengobatan, gagal mencapai respons sitogenik setelah 12 bulan pengobatan atau kehilangan respons hematologis atau sitogenik yang sebelumnya dicapai.

Mastositosis
Dewasa: 400 mg setiap hari. Mulai dengan dosis 100 mg setiap hari jika ada eosinofilia terkait, dosis dapat ditingkatkan hingga 400 mg jika respons tidak mencukupi.

Tumor Stroma Gastrointestinal Maligna yang Tidak Dapat Direseksi dan Metastasis
Dewasa: 400 mg setiap hari, dosis dapat ditingkatkan hingga 400 mg 2 x sehari.
Penyakit Myelodysplastic
Dewasa: 400 mg setiap hari.

Leukemia Limfoblastik Akut, Relaps Leukemia Limfoid Akut, Leukemia Limfoid Akut Refrakter
Dewasa: 600 mg setiap hari dengan induksi, konsolidasi atau pemeliharaan kemoterapi.
Anak: 340 mg / m2 setiap hari. Maksimal: 600 mg.

Sindrom Hipereosinofilik
Dewasa: 400 mg setiap hari. Mulai dengan 100 mg setiap hari pada pasien dengan FIP1L1-PDGF reseptor-α fusion kinase, dosis dapat ditingkatkan hingga 400 mg jika respons tidak adekuat

Efek Samping

Efek Samping:
Gangguan dan perdarahan saluran pencernaan, nyeri sendi, nyeri otot, kram otot, kelelahan, ruam, gatal, sakit kepala, pusing, gangguan rasa, gangguan makan, kesemutan, insomnia, gangguan mata atau gangguan visual, batuk, keringat malam, kelemahan, kekakuan, perdarahan, retardasi pertumbuhan pada anak, gagal jantung kongesif. Jarang, gangguan kulit serius dan parah.

Kontraindikasi:
Tidak boleh diberikan pada pasien yang hipersensitif dan wanita menyusui.

Interaksi Obat:
Meningkatkan kadar serum jika diberikan bersamaan dengan penghambat CYP3A4 (misalnya: Antijamur azole, antibiotik makrolida). Mengurangi kadar serum jika diberikan bersamaan dengan induser CYP3A4 (misalnya: Karbamazepin, deksametason, fenobarbital, fenitoin, rifampisin). Dapat meningkatkan kadar substrat serum CYP3A4 serum (misalnya: Ciclosporin, pimozide, triazolo-benzodiazepin, penghambat saluran Ca dihydropyridine, statin tertentu), CYP2C9 (misalnya: Warfarin) dan CYP2D6.

Kategori Kehamilan:
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Glivec dalam kategori D dengan penjelasan sebagai berikut

Terbukti menimbulkan resiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh jika digunakan pada wanita hamil dapat dipertimbangkan (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak efektif atau tidak dapat diberikan).