Pengertian

Gonal-F adalah obat yang digunakan untuk merangsang follicel stimulating hormone (FSH). FSH merupakan hormon yang diproduksi secara alami oleh sel di ovarium dan testis namun ada beberapa orang yang tidak cukup memiliki hormon FSH sehingga kesulitan terjadinya pembuahan dalam rahim. Gonal-F diuntukan untuk pasien yang memiliki gangguan pada proses ovulasi (ketika indung telur kesulitan memproduksi telur).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Terapi Hormon
  • Kandungan: Follitropin α (Recombinant FSH).
  • Bentuk: Pre-filled
  • Satuan Penjualan: Pre-filled.
  • Kemasan: Satuan.
  • Farmasi: PT Merck.

Kegunaan

Gonal-F diuntukan untuk pasien yang memiliki gangguan pada proses ovulasi (ketika indung telur kesulitan memproduksi telur).

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan Gonal-F Pre Filled Pen 900 IU:
- Pemberian secara injeksi Subkutan.
- Wanita dengan anovulasi (Gangguan pada sistem reproduksi wanita ketika sel telur atau Ovum gagal matang sehingga tidak dapat dibuahi) Awal 75-150 IU/hr, bisa ditingkatkan sebesar 37.5 atau 75 IU dengan interval 7 atau 14 hari.
- Dosis Maksimal: 225 IU/hr.
- Stimulasi ovarium (penanganan infertilitas)

Efek Samping

Semua Obat pasti memiliki Efek samping, namun tidak semua Orang akan mengalami Efek samping dari penggunaan Obat tersebut. Adapun Efek samping dari penggunaan Gonal-F Pre Filled Pen 900 IU sebagai berikut:
- Sakit perut
- Jerawat
- Nyeri payudara
- Ketidaknyamanan ditempat suntikan
- Sakit kepala
- Infeksi Sinus (Rongga disekitar Hidung meradang)
- Kelelahan

Kontraindikasi
- Hipersensitif (Reaksi Alergi)
- Alergi untuk itu dan untuk setiap bahan
- Hamil
- Kanker di organ kewanitaan
- Kegagalan ovarium primer
- Kista ovarium (Kantung padat berisi cairan pada permukaan Ovarium)
- Perdarahan berat atau tidak teratur
- Tiroid yang tidak terkontrol atau masalah adrenal
- Tumor hipofisis (Tumor non-kanker di kelenjar pituitari yang tidak menyebar di luar tengkorak).

Interaksi Obat
- Jika anda sedang mengkonsumsi Obat lain sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter agar diatur Dosis untuk Interaksi Obatnya, karena jika Obat lain diberikan bersama dengan Gonal-F Pre Filled Pen 900 IU bisa menyebabkan Obat tidak bekerja dengan Baik.
- Ganirelix (Obat untuk Reproduksi berbantuan untuk mengendalikan Ovulasi)

Kategori Kehamilan
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Gonal-F ke dalam kategori X dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman pada manusia ataupun keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaat yang mungkin diperoleh. Obat dikontraindikasikan bagi wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.