Grameta

Grameta

Obat

Pengertian

Grameta merupakan obat yang diproduksi oleh Graha Farma. Obat ini mengandung Domperidone maleate diindikasikan untuk mengobati gangguang fungsi saluran pencernaan. Domperidone merupakan penghambat reseptor dopamin perifer. Bekerja dengan meningkatkan peristaltik esofagus, meningkatkan koordinasi gastroduodenal dan menurunkan tekanan sfingter esofagus, motilitas lambung, dan peristaltik, sehingga memfasilitasi pengosongan lambung dan mengurangi waktu transit usus halus.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Regulator Gastrointestinal, Antiflatulen, dan Anti Inflamasi
  • Kandungan: Domperidone maleate 10 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Graha Farma.

Kegunaan

Grameta pada orang dewasa diindikasikan untuk mengatasi mual dan muntah akut termasuk penggunaan levodopa dan bromocriptine untukpenggunaan > 12 minggu, pengobatan simtomatik dispepsia (sekumpulan gejala nyeri, perasaan tidak enak pada perut bagian atas yang menetap) fungsional. Pada anak diindikasikan untuk mengatasi mual dan muntah karena kemoterapi dan radioterapi.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter.

  • Dispepsia Fungsional
    Dewasa dan Lanjut Usia: 10-20 mg 3 x sehari dan sebelum tidur. Lama terapi ≤12 minggu.
  • Mual dan Muntah (termasuk karena penggunaan levodopa dan bromokriptin)
    Dewasa dan Lanjut Usia: 10-20 mg setiap 4-8 jam.
    Anak 0,2-0,4 mg / kgBB setiap 4-8 jam.

Efek Samping

Efek Samping yang mungkin timbul adalah:
Sedasi, reaksi ekstrapiramidal, parkinsonisme, tardive dyskinesia (gerakan yang tidak terkendali pada lidah, bibir, dan wajah) pada orang dewasa dan lanjut usia, meningkatkan prolaktin serum yang menyebabkan galaktorea dan ginekomastia; mulut kering, sakit kepala, diare, ruam kulit, haus, gelisah, gatal.

Kontraindikasi:

Hindari pemberian pada pasien dengan kondisi seperti gangguan ginjal, gangguan hati, penyakit jantung, gangguan elektrolit, tumor pada kelenjar pituitari, serta perdarahan atau sumbatan pada sistem pencernaan. 

Interaksi Obat:
Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari grameta

Kategori Kehamilan:

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Grameta ke dalam Kategori C: Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Reporter dan Editor
Reporter

Klikdokter