Pengertian

Gravomit merupakan obat yang di produksi oleh PT. Ferron Par Pharmaceuticals. Obat ini mengandung Granisetron yang berfungsi untuk mengobati mual dan muntah pada pasien yang melalukan kemoterapi kanker atau radioterapi, pengobatan dan mencegah mual pasca operasi, mencegah mual dan muntah yang berhubungan dengan terapi radiasi.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antiemetik
  • Bentuk: Ampul
  • Pendukung
  • Kandungan: Granisetron
  • Satuan Penjualan: Ampul
  • Kemasan: Dus 5 Ampul @ 1ml,
  • Dus 5 ampul @ 3ml
  • Farmasi: PT. Ferron Par Pharmaceuticals

Kegunaan

Obat ini digunakan untuk mengobati mual dan muntah pada pasien yang melakukan kemoterapi, pasca operasi, dan pasien yang menjalani terapi radiasi.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter

- Profilaksis mual dan muntah pasca operasi
Dewasa: 1 mg lebih dari 30 detik, diberikan sebelum induksi anestesi. Dapat diulang hingga maksimal 3 mg dalam 24 jam.


- Mual dan muntah terkait dengan kemoterapi kanker
Dewasa: 1-3 mg 5 menit sebelum memulai kemoterapi, Dosis lebih lanjut dapat diberikan setidaknya 10 menit terpisah. Maks: 9 mg setiap hari.

Anak: 2-16 tahun 10-40 mcg / kg (maks: 3.000 mcg) 5 menit untuk diberikan sebelum memulai kemoterapi. Dosis tambahan dapat diberikan dlm 24 jam, setidaknya 10 menit setelah infus pertama.

- Profilaksis mual dan muntah yang berhubungan dengan terapi radiasi
Dewasa: 1-3 mg 5 menit sebelum memulai radioterapi, dengan infus lebih dari 5 menit atau dengan inj bolus setidaknya 30 detik. Dosis lebih lanjut dapat diberikan setidaknya 10 menit terpisah. Maks: 9 mg setiap hari.

Efek Samping

Efek Samping:
Sakit kepala, insomnia, konstipasi, diare, peningkatan transaminase hati; Perpanjangan QT; bradikardia (denyut jantung lambat), jantung berdebar, sindrom sinus sakit, nyeri dada. Reaksi situs aplikasi (transdermal): Ruam, nyeri, eritema (inflamasi pada kulit), pruritus (gatal), iritasi, terbakar, vesikel, urtikaria (biduran), perubahan warna; tambalan non-adhesi.

Kontraindikasi:

Interaksi Obat:
Fenobarbital dapat menginduksi metabolisme obat. Risiko sindrom serotonin dengan agen serotonergik lainnya misalnya SSRI, dan inhibitor reuptake serotonin dan norepinefrin (SNRI). Inhibitor enzim CYP. Penggunaan bersamaan dengan obat yang diketahui memperpanjang interval QT dapat mengakibatkan konsekuensi klinis.

Kategori Kehamilan:
Kategori B : Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).