Pengertian

Hialid Tetes Mata adalah obat yang digunakan untuk rasa terbakar, iritasi, dan ketidaknyamanan karena kekeringan pada mata. Hialid Tetes Mata mengandung Natrium Hyaluronate yang berfungsi untuk menjaga kelembaban pada mata agar mata tidak kering dan iritasi. Hialid Tetes Mata juga digunakan untuk mempercepat perbaikan permukaan okular yang rusak seperti pada mata kering.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Obat Dekongestan, Anestesi, Antiinflamasi mata.
  • Kandungan: Natrium hyaluronate 0.1%.
  • Bentuk: Tetes Mata.
  • Satuan Penjualan: Botol.
  • Kemasan: Botol 5 mL.
  • Farmasi: Ferron.

Kegunaan

Hialid Tetes Mata digunakan untuk menghilangkan rasa terbakar, iritasi, dan ketidaknyamanan karena kekeringan pada mata, mempercepat perbaikan permukaan okular yang rusak seperti pada sindrom Sjogren dan sindrom sicca (mata kering).

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan obat ini harus dikonsultasikan dengan Dokter. Dosis umumnya penggunaan Hialid Tetes Mata adalah : 5-6 kali sehari 1 tetes.
Hanya digunakan sebagai tetes mata. Jangan menggunakan obat ini pada saat menggunakan lensa kontak lunak (soft contact lenses). Tunggu minimal 10 menit sesudah menggunakan obat ini dan sebelum menggunakan obat ini dan sebelum menggunakan kembali lensa kontak.

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan Hialid Tetes mata adalah gatal dan iritasi, hiperemia pada mata, blefaritis, dermatitis pada kelopak mata, konjungtivitis, injeksi konjungtiva, lesi pada kornea (keratitis superfisial difus), mata berair.

Kontraindikasi
Sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang mempunyai riwayat hipersensitif terhadap sodium hyaluronate atau avian proteins.

Interaksi Obat
-

Kategori Kehamilan
-