Pengertian

Humalog adalah analog insulin kerja cepat (fast acting insulin) yang diindikasikan untuk meningkatkan kontrol glikemik pada orang dewasa dan anak-anak dengan Diabetes Mellitus. Dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 menit setelah injeksi untuk mulai bekerja dan memiliki efek maksimum antara 45 menit dan 150 menit. Obat ini berhenti bekerja setelah 3,5 hingga 5 jam. Analog insulin kerja cepat seperti obat Humalog sering digunakan daripada insulin biasa karena onsetnya yang cepat, yang memungkinkan pasien untuk menyuntikkannya lebih dekat untuk waktu makan dan karena durasinya yang pendek, yang mengurangi risiko hipoglikemia (gula darah rendah).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Insulin
  • Kandungan: Insulin Lispro
  • Bentuk: Cairan Insulin
  • Satuan Penjualan: Cartridge
  • Kemasan: Cartridge @ 3 mL
  • Farmasi: Eli Lilly.

Kegunaan

Humalog diindikasikan untuk perawatan pasien dengan Diabetes Mellitus yang membutuhkan insulin untuk pemeliharaan kadar gula darah.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis penggunaan Humalog bersifat individual sehingga harus dikonsultasikan dahulu dengan Dokter. Berikut dosis obat Humalog yang biasa diberikan:

  • Dosis subkutan untuk diabetes tipe 1
    Dewasa: dosis pemeliharaan: 0.5- 1 unit /kg/ hari dalam dosis terbagi. Berikan Dewasa non-obesitas: 0.4-0.6 unit/kg/hari
    Dewasa dengan obesitas: 0.8-1.2 unit/ kg/ hari.
  • Dosis subkutan untuk diabetes tipe 2
    Dewasa: Long acting insulin 10 unit/hari atau 0.1-0.2 unit/kg/hari
  • Dosis subkutan unuk anak-anak
    Anak dengan diabetes tipe 1: usia 3 tahun atau lebih, 0.4-1 unit/kg/hari. Dosis yang dianjurkan 0.5-1 unit/ hari
    Tidak direkomendasikan untuk anak usia kurang dari tiga tahun. Anak dengan diabetes tipe 2, keamanan dan efektifitas belum ditetapkan.

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep Dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk 2 sampai 8 derajat celcius. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum menggunakan obat.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Humalog Insulin Nano adalah hipoglikemia (kadar gula dalam darah rendah), kerusakan penglihatan sementara, reaksi pada tempat penyuntikan, jarang reaksi alergi yang parah, edema (pembengkakan), bronkospasme (gangguan yang terjadi otot bronkus), hipotensi (tekanan darah rendah) dan syok.

Kontraindikasi:
Obat ini sebaiknya tidak digunakan pada pasien yg memiliki riwayat hipoglikemia (kadar gula dalam darah rendah).

Interaksi Obat:

  • Efek dapat ditingkatkan dengan: agen antidiabetik oral, inhibitor Angiotensin Converting (ACE), disopyramide, fibrat, fluoxetine, propoxyphene, salisilat, analog somatostatin (mis., Octreotide), antibiotik sulfonamide.
  • Efek dapat dikurangi dengan: kortikosteroid, niasin, danazol, diuretik, agen simpatomimetik, isoniazid, turunan fenotiazin, somatropin, hormon tiroid, kontrasepsi oral, lithium. Tanda-tanda hipoglikemia dapat ditutupi oleh β-blocker, clonidine.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Humalog Insulin Nano ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil. Atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) namun tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).