Pengertian

Humulin R (Reguler) Cartridge merupakan cairan insulin untuk injeksi subkutan (di bawah kulit) yang diproduksi melalui proses DNA rekombinan. Proses ini membentuk insulin buatan yang secara struktural mirip dengan insulin yang dihasilkan oleh pankreas manusia. Humulin R termasuk jenis short-acting insulin dengan durasi aktivitas 6 hingga 8 jam dan terdiri dari kristal seng-insulin yang dilarutkan dalam cairan bening.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Insulin
  • Kandungan: Insulin (biosintetik manusia), Glycerol, m-cresol, water for injection, hydrochloric acid dan sodium hydroxide
  • Bentuk: Cairan Insulin
  • Satuan Penjualan: Vial
  • Kemasan: Vial 10 mL
  • Farmasi: Eli Lilly.

Kegunaan

Humulin R diindikasikan untuk perawatan pasien dengan diabetes mellitus yang membutuhkan insulin untuk pemeliharaan kadar gula darah.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Humulin R harus dikonsultasikan dengan Dokter. Humulin diberikan secara subkutan. Besar dosis disesuaikan menurut kebutuhan tiap individu.

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep Dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk 2 sampai 8 derajat celcius. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum menggunakan obat.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Humulin R adalah hipoglikemia (kadar gula dalam darah rendah), kerusakan penglihatan sementara, reaksi pada tempat penyuntikan, jarang reaksi alergi yang parah, edema (pembengkakan), bronkospasme (gangguan yang terjadi otot bronkus), hipotensi (tekanan darah rendah) dan syok.

Kontraindikasi:
Obat ini sebaiknya tidak digunakan pada pasien yg memiliki riwayat hipoglikemia (kadar gula dalam darah rendah).

Interaksi Obat:

  • Efek dapat ditingkatkan dengan: agen antidiabetik oral, inhibitor Angiotensin Converting (ACE), disopyramide, fibrat, fluoxetine, propoxyphene, salisilat, analog somatostatin (misalnya Octreotide), antibiotik sulfonamide.
  • Efek dapat dikurangi dengan: kortikosteroid, niasin, danazol, diuretik, agen simpatomimetik, isoniazid, turunan fenotiazin, somatropin, hormon tiroid, kontrasepsi oral, lithium. Tanda-tanda hipoglikemia dapat ditutupi oleh β-blocker, clonidine.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Humulin R ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut: 

Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil. Atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) namun tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).