Pengertian

Hustarex 60 mL Sirup merupakan sirup yang mengandung Dextromethorphan, Ipecacuanha Fluid Ekstrak, dan Sulfogaiacol yang berfungsi untuk mengobati flu dan batuk tidak berdahak.

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas.
  • Kelas Terapi: Obat Batuk dan Pilek.
  • Kandungan: Dextromethorphan 10 mg, Ipecacuanha Fluid Ekstrak 0.005 mL, dan Sulfogaiacol 25 mg.
  • Bentuk: Sirup.
  • Satuan Penjualan: Botol.
  • Kemasan: Botol 60 mL.
  • Farmasi: Zenith.

Kegunaan

Hustarex Sirup digunakan untuk mengobati flu dan batuk kering

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan Hustarex Sirup:
Anak 6-12 tahun: 3 kali sehari 5ml sendok takar.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah ngantuk, pusing, mual dan muntah.

Kontraindikasi:
Sebaiknya tidak digunakan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif (alergi).

Interaksi Obat:
Sejumlah obat yang berpotensi menimbulkan reaksi tidak diinginkan jika dikonsumsi bersamaan dengan dextromethorphan antaranya meliputi Monoamin Oksidase (MAO) inhibitors, celecoxib, cinacalcet, darifenacin, imatinib, quinidine, ranolazine, ritonavir, sibutramine, terbinafine, obat-obatan antihipertensi, dan antidepresan.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Hustrex Sirup ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin. Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Hutarex Sirup selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.