Pengertian

Intricef merupakan obat produksi Sanbe Farma yang memiliki kandungan Ceftriaxone Na yang merupakan antibiotik yang penggunaanya harus di konsultasikan dahulu dengan dokter. mengobati untuk mengobati infeksi akibat bakteri seperti Septicemia (keracunan darah), meningitis (peradangan lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang), peritonitis (peradangan pada lapisan tipis dinding dalam perut), infeksi perut, bilier & GIT (Saluran pencernaan), tulang & sendi, jaringan lunak, infeksi ginjal & ISK (Infeksi Saluran Kemih), infeksi saluran pernapasan bawah & atas(pneumonia), infeksi genital (gonore), dan pasca operasi. Intricef tersedia dalam bentuk kemasan serbuk injeksi (serbuk) vial 1 gram. Intricef termasuk kedalam golongan Obat Keras (harus dengan resep Dokter). Mekanisme kerja obat bekerja dengan cara menghambat dinging sel bakteri.

Keterangan

  • Golongan : Obat Keras
  • Kelas Terapi : Anti Biotik
  • Kandungan: Cefriaxone Na 1 gram
  • Bentuk : Serbuk injeksi
  • Penjualan : Vial
  • Kemasan : Dus, 1 Vial @ 1 gram + 1 ampul pelarut @10ml
  • Farmasi : Sanbe Farma

Kegunaan

Intricef digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri seperti Septicemia (keracunan darah), meningitis (peradangan lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang), peritonitis (peradangan pada lapisan tipis dinding dalam perut), infeksi perut, bilier & GIT (Saluran pencernaan), tulang & sendi, jaringan lunak, infeksi ginjal & ISK (Infeksi Saluran Kemih), infeksi saluran pernapasan bawah & atas (pneumonia), infeksi genital (gonore), dan pasca operasi.

Dosis & Cara Penggunaan

Intricef merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan intricef juga harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

  1. Infeksi parah
    • Dewasa & anak-anak> 12 tahun 1-2 g / hari. Maks: 4 g / hari.
    • Bayi & anak 3 minggu-12 tahun 20-80 mg / kg / hari, ≥50 kg sama seperti dosis dewasa.
    • Bayi ≤2 minggu 20-50 mg / kg / hari. Maks: 50 mg / kg / hari.
      Lama pengobatan: Lanjutkan selama 48-72 jam setelah demam mereda.
  2. Meningitis
    • Bayi & anak-anak Awalnya 100 mg / kg / hari. Maks: 4 g / hari.
  3. Gonorea 250 mg IM sebagai dosis tunggal.
    • Profilaksis peri-op 1-2 g / hari 30-90 menit sebelum operasi

Efek Samping

  1. Reaksi hematologis(reaksi yang terjadi pada darah),
  2. Gangguan GI/pencernaan reaksi kulit.


Kontraindikasi

Hipersensitif/memiliki reaksi berlebih dengan terhadap sefalosporin & penisilin.

Interaksi Obat
Chloramphenicol, vankomisin, flukonazol, dan aminoglikosida.

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Intricef ke dalam Kategori B
Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).