Pengertian

Inversyn 10 mg Tablet merupakan sediaan obat yang memiliki komposisi Loratadine 10 mg yang berfungsi untuk mengatasi gejala alergi seperti bersin-bersin, alergi pada kulit, alergi obat-obatan, atau alergi yang disebabkan oleh serangga. Loratadine tersebut termasuk dalam obat golongan Antihistamin yang dapat menghambat pembentukan zat histamin yang memicu terjadinya rasa gatal karena alergi. Loratadine tersebut dapat menyebabkan rasa kantuk setelah mengkonsumsi obat ini. Sebaiknya jika ingin mengkonsumsi obat tersebut tidak dalam keadaan berkendara atau sedang mengoperasikan mesin.

Keterangan

  • Golongan : Obat Keras
  • Kelas Terapi : Antihistamin (alergi).
  • Kandungan: Loratadine 10 mg.
  • Bentuk : Tablet.
  • Penjualan :Strip.
  • Kemasan : Strip @ 10 tablet.
  • Farmasi : Pharos Indonesia.

Kegunaan

Inversyn 10 mg Tablet dapat digunakan untuk meringankan riwayat alergi seperti alergi pada kulit, alergi pada saluran nafas, dan alergi karena gigitan serangga.

Dosis & Cara Penggunaan

Inversyn merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan inversyn juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.


Dosis penggunaan Inversyn 10 mg Tablet :

- Dosis anak dengan BB 30 kg : 1x sehari 1/2 tablet.
- Dosis anak 6-12 tahun : 1x sehari 1 tablet.
- Dosis penggunaan > 12 tahun : 1x sehari 1 tablet.
- Disarankan dalam mengkonsumsi obat tersebut pada malam hari menjelang tidur dan dalam keadaan perut sudah terisi.

Efek Samping

Efek Samping
Efek samping yang dapat terjadi selama penggunaan obat tersebut, seperti :
- Badan menjadi lelah
- Nyeri pada kepala
- Mulut menjadi kering
- Gangguan pada pencernaan
- Dapat terjadinya kemerahan pada kulit

Kontraindikasi
- Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap loratadine

Interaksi Obat
Penggunaan Loratadine jika dikonsumsi bersamaan dengan obat yang tertera dibawah ini akan dapat menghambat metabolisme pada hati :
- Cimetidine
- Ketokonazole
- Antibiotik Erithromycin
- Serta alkohol.

Kategori Kehamilan
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Inversyn ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

“Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).”