Pengertian

Kalxetin 20 mg Kapsul adalah obat yang memiliki kandungan Fluoxetine. Fluoxetine adalah obat antidepresan golongan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang digunakan untuk mengatasi depresi, gangguan obsesif kompulsif (OCD), gangguan disforik pramenstruasi, bulimia, dan serangan panik. Kalxetin 20 mg Kapsul bekerja dengan meningkatkan aktivitas zat alami serotonin dalam otak. Serotonin sendiri merupakan zat yang dipercaya dapat menimbulkan perasaan nyaman dan senang. Dengan meningkatnya aktivitas serotonin, maka gangguan pada keadaan emosional, tidur, nafsu makan, energi, dan ketertarikan dengan aktivitas sosial dapat teratasi. Kalxetin 20 mg Kapsul dapat mengurangi gejala pramenstruasi seperti mudah marah, nafsu makan meningkat, dan depresi.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Antidepresan.
  • Kandungan: Fluoxetine HCl 20 mg.
  • Bentuk: Kapsul.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @ 10 kapsul.
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Kalxetin 20 mg Kapsul digunakan untuk membantu mengobati depresi, gangguan obsesif kompulsif, sindrom pramenstruasi (premenstrual dysphoric disorder), gangguan tertentu makan (bulimia), serangan panik berlebihan.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis awal 20 mg perhari (1 x 1 kapsul perhari) pagi atau malam hari.
Dosis dapat ditingkatkan menjadi 40 mg per hari (1 x 2 kapsul) hingga 80 mg per hari, diberikan 1x kali sehari atau dosis terbagi, tergantung respon pasien.
Pada gangguan hati (sirosis hati) dan gangguan ginjal ringan sampai sedang perlu menyesuaikan dosis yaitu 1 x ½ kapsul.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi yaiti kecemasan, kegugupan, insomnia, kelelahan, astenia (lemah/tidak bertenaga), berkeringat, gemetar, anoreksia (kehilangan nafsu makan), mual, diare, kepala terasa ringan, dispepsia, mulut kering, mengantuk.

Kontraindikasi
1. Pasien yang diketahui hipersensitif (reaksi alergi berlebihan) terhadap fluoxetine.
2. Penggunaan bersamaan dengan MAOI,
3. Gagal ginjal berat dan
4. Epilepsi tidak stabil.

Interaksi Obat
Interaksi obat Kalxetin antara lain:
1. Dapat menyebabkan sindrom serotonin dengan obat serotonergik (misalnya triptans, TCA, fentanyl, tramadol, lithium, buspirone, tryptophan)
2. Dapat meningkatkan risiko perdarahan dengan aspirin, NSAID, warfarin dan antikoagulan lainnya
3. Dapat meningkatkan kadar plasma fenitoin.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Kalxetin Kapsul kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

“Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin.”

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Kalxetin Kapsul. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.