Pengertian

Killbac adalah cairan pembersih luka yang mengandung Polyhexamethylene biguanide hydrochloride 0,1% dan Lauramidopropyl betaine 0,1%. Selain untuk membersihkan luka, Killbac digunakan untuk melembabkan pembalut luka (dressing) dan untuk pengobatan luka sayat minor, abrasi, laserasi serta luka bakar minor. Killbac dapat menghilangkan kotoran pada luka, membunuh bakteri, menghilangkan biofilm (kumpulan sel mikroorganisme khususnya bakteri, yang melekat di suatu permukaan dan diselimuti lapisan karbohidrat yang dikeluarkan oleh bakteri), serta menghilangkan bau luka. Killbac merupakan produk steril, kemasan dilengkapi dengan botol ulir semprot, serta mengandung air dengan kualitas setara dengan Water for injection (WFI). Water for injection merupakan air kualitas tertinggi yang telah disterilisasi dan bebas pirogen (substansi yang sering mencemari sediaan farmasi dan menyebabkan demam).

Keterangan

  • Golongan: Alat Kesehatan
  • Kelas Terapi: Perawatan Luka
  • Kandungan: Polyhexamethylene biguanide hydrochloride 0,1% danLauramidopropyl betaine 0,1%, air injeksi (WFI).
  • Bentuk: Larutan
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Box, 12 Botol @ 350 mL
  • Farmasi: Sterin Laboratories / Kalbe Farma.

Kegunaan

Killbac digunakan untuk membersihkan luka, melembabkan pembalut luka (dressing) dan untuk pengobatan luka sayat minor, abrasi, laserasi serta luka bakar minor.

Dosis & Cara Penggunaan

Cara penggunaan Killbac:
1. Lepaskan tutup botol dengan cara memutar.
2. Bersihkan ujung tutup menggunakan alkohol swab.
3. Lubangi segel botol menggunakan ujung tutup, sampai batas garis tutup pertama
4. Pasang kembali tutup botol dengan cara memutar.
5. Buka ujung atas tutup botol dengan cara memutar.
6. Tekan botol dalam kondisi terbalik untuk mengeluarkan larutan dalam botol.

Untuk penggunaan pada kasus perban berkrusta (krusta adalah cairan kuning yang mengering) atau penggantian pembalut luka yang sulit:
Basahi pembalut luka dengan Killbac sampai perban dapat dilepas dengan lembut tanpa merusak permukaan luka.

Killbac disimpan pada suhu ruang, hindari panas berlebihan. Jangan disimpan dalam kulkas atau dibekukan. Killbac dapat digunakan sampai 28 hari setelah dibuka asalkan tutup botol dipasang kembali segera setelah penggunaan dan bagian atas dari botol dilindungi dari kontaminasi. Botol yang menjadi terkontaminasi atau telah berkontak langsung dengan luka harus dibuang. Gunakan sebelum tanggal kedaluwarsa

Efek Samping

Belum ada efek samping yang dilaporkan.