Pengertian

Lacons 60 mL merupakan Sediaan Sirup yang mengandung Lactulosa, obat ini diproduksi oleh Mahakam Beta Farma. Lacons Sirup diindikasikan sebagai obat pencahar yang digunakan untuk mengobati sembelit. Lactulose adalah Acidifier Kolon yang bekerja dengan meningkatkan kadar air tinja dan melunakkan tinja. Diperlukan waktu hingga 48 jam untuk buang air besar. Beri tahu Dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk.

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas.
  • Kelas Terapi: Laksatif.
  • Kandungan: Lactulose 3.35 g/5 mL.
  • Bentuk: Sirup.
  • Satuan penjualan: Botol.
  • Kemasan: Botol 60 mL.
  • Farmasi: Mahakam Beta Farma.

Kegunaan

Lacons digunakan untuk pasien pasien yang memiliki indikasi Sembelit atau susah buang air besar, dan Ensefalopati hepatik atau gangguan pada organ hati.

Dosis & Cara Penggunaan

Lacons merupakan Obat yang termasuk ke dalam Golongan Bebas, sehingga pada setiap pembelian nya tidak harus menggunakan resep Dokter:

Sembelit
Dewasa: Awalnya, 10-20 g (15-30 mL) setiap hari sebagai dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi, dapat meningkat hingga 45 mL (atau hingga 40 g dari powd yang dilarutkan) setiap hari. Sesuaikan secara bertahap sesuai dengan respons pasien.
Anak: 1 bln sampai 1 tahun 2.5 mL;
Anak > 1-5 tahun 5 mL;
Anak > 5-10 tahun 10 mL;
Anak > 10-18 tahun 15 mL. .

Ensefalopati hepatik
Dewasa: 60-100 g (90-150 mL) setiap hari dalam 3 dosis terbagi, sesuaikan seperlunya untuk menghasilkan 2-3 tinja lunak setiap hari.

Efek Samping

Efek Samping:
Efek samping yang mungkin terjadi selama pengunaan Lacons Sirup, yaitu:
Gangguan perut (misal. perut kembung, kram), mual dan muntah.

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Lacons Sirup pada pasien yang memiliki indikasi:
1. Galaktosaemia.
2. Obstruksi saluran cerna.
3. Pasien dengan diet rendah galaktosa.

Interaksi Obat:
Berikut adalah beberapa Interaksi obat yang umumnya terjadi saat penggunaan Lacons Sirup:
1. Mengurangi efek dengan antasid yang tidak dapat diserap, neomisin dan anti infeksi oral lainnya.
2. Penggunaan bersamaan dengan obat pencahar lainnya mungkin secara keliru menunjukkan bahwa dosis laktulosa yang memadai telah tercapai.

Kategori Kehamilan:
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Lacons Sirup ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

“Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).”