Pengertian

Lipinorm Tablet mengandung Simvastatin. Obat ini digunakan bersamaan dengan diet sehat dan olahraga yang tepat untuk membantu menurunkan kolesterol dan lemak jahat (seperti LDL, trigliserida) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Lipinorm Tablet termasuk ke dalam satu golongan obat bernama statin. Dengan menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik dapat mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dan serangan jantung. Obat ini memiliki mekanisme kerja dengan menghambat enzim pembentuk kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah berkurang. Keefektifan Lipinorm Tablet akan semakin terlihat jika disertai dengan penerapan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur, menjauhi makan berminyak, melakukan diet sehat, istirahat yang cukup, penurunan berat badan bagi yang over-weight (kelebihan berat badan) dan menghindari alkohol dan rokok

Keterangan

  • Golongan: Obat keras.
  • Kelas Terapi: Obat Dislipidemia.
  • Kandungan: Simvastatin 20 mg.
  • Bentuk: Tablet.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @ 10 tablet.
  • Farmasi: Kalbe Farma

Kegunaan

Sebagai tambahan terhadap diet, untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL yang meningkat pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer (tipe IIa dan IIb) bila respon terhadap diet terbatas kolesterol dan lemak jenuh serta tindakan non farmakologi lainnya tidak adekuat.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis awal yang dianjurkan adalah 5 - 10 mg sekali sehari pada malam hari. Dosis anjuran berkisar dari 5 - 40 mg/hari, sekali sehari dan dosis maksimum perhari adalah 40 mg. Dosis harus diindividualisasi sesuai dengan data dasar kadar kolesterol LDL, sasaran terapi dan respons pasien.

Efek Samping

Efek samping dengan presentasi 1% atau lebih yang pernah dijumpai antara lain: nyeri abdomen, konstipasi dan kembung. Dengan frekuensi 0,5 – 0,9 % : astenia, sakit kepala.