Pengertian

Lixiana adalah obat yang mengandung Edoxaban sebagai zat aktifnya. Edoxaban bekerja dengan cara mengurangi risiko terbentuknya trombus (gumpalan darah) sehingga dapat meminimalkan risiko stroke pada pasien atrial fibrilasi nonvalvuler/nonvalvular atrial fibrillation (NVAF). Fibrilasi atrium/atrial fibrillation adalah kondisi ketika serambi (atrium) jantung berdenyut dengan tidak beraturan dan cepat.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antikoagulan, Antiplatelet
  • Kandungan: Edoxaban 15 mg; Edoxaban 30 mg; Edoxaban 60 mg;
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 14 Tablet
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Edoxaban digunakan untuk mengurangi resiko stroke pada pasien dengan atrial fibrilasi nonvalvuler/nonvalvular atrial fibrillation (NVAF) dan pengobatan trombosis vena dalam/deep vein thrombosis (DVT) dan emboli paru/pulmonary embolism (PE) pada pasien dewasa setelah terapi inisial 5-10 hari dengan antikoagulan parenteral.

Dosis & Cara Penggunaan

Lixiana merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembeliannya harus menggunakan resep Dokter.

Dosis Lixiana: maksimal 60 mg sekali sehari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi Lixiana adalah:
Pendarahan saluran cerna, Anemia, Sakit kepala, nyeri perut, pendarahan jaringan lunak kulit, kemerahan, gatal, pusing, mual, peningkatan bilirubin darah.

Kontraindikasi:
Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap edoxaban

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Lixiana ke dalam Kategori C:

Studi pada hewan percobaan menunjukan adanya efek samping pada janin namun belum ada studi kontrol pada wanita hamil, obat dapat diberikan apabila efek terapinya lebih besar dari resiko pada janin.