Pengertian

Nexurin merupakan obat tablet yang di produksi oleh Novell Pharmaceutical Lab. Obat ini mengandung Phenazopyridine HCl yang di indikasikan untuk meredakan nyeri yang di akibatkan iritasi pada mukosa saluran kemih. Phenazopyridine memberikan efek analgesik (pereda nyeri) pada saluran kemih.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Obat untuk Gangguan Kandung Kemih dan Prostat
  • Kandungan: Phenazopyridine HCl 100 mg
  • Bentuk: Tablet Salut Selaput
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol @ 50 Tablet Salut Selaput
  • Farmasi: Novell Pharmaceutical Lab

Kegunaan

Nexurin di gunakan untuk mengatasi nyeri pada sistitis (peradangan kandung kemih), prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat), dan uretritis (pembengkakan yang terjadi pada uretra).

Dosis & Cara Penggunaan

Nexurin merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan Nexurin juga harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita

Nyeri dan Iritabilitas pada Sistitis, Prostatitis, dan Uretritis
2 tablet 3 x sehari. Jika di kombinasikan dengan antibiotik, durasi maksimal: 2 hari.

Efek Samping

Efek samping mungkin terjadi selama penggunaan nexurin adalah gangguan saluran pencernaan, sakit kepala; ruam; hepatotoksisitas; anemia hemolitik; perubahan warna urin dan cairan tubuh lainnya. Berpotensi Fatal: Gagal ginjal akut.

Kontraindikasi:
Tidak boleh di berikan pada penderita gangguan fungsi ginjal atau hepatitis berat.

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Nnxurin ke dalam Kategori B
Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).