Pengertian

Nisagon merupakan obat yang mengandung Betamethasone-17-valerate dan Neomycin sulfate. Nisagon merupakan obat yang digunakan untuk membantu meringankan kelainan dan infeksi pada kulit. Nisagon mengandung Neomycin sulfate yang merupakan antibiotik yang bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Neomycin tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus, hanya dapat digunakan untuk menangani infeksi bakteri. Penggunaan Neomycinsulfate yang tidak mengikuti resep Dokter bisa menyebabkan berkurangnya efektivitas (efek obat) pada tubuh.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid Topikal
  • Kandungan: Betamethasone-17-valerate, Neomycin sulfate
  • Bentuk: Krim
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Tube @ 5 gram
  • Farmasi: Ifars Pharmaceutical Laboratories PT

Kegunaan

Nisagon merupakan obat yang digunakan untuk membantu meringankan kelainan dan infeksi pada kulit, seperti dermatitis (peradangan kulit), Eksim (pembengkakaan, kemerahan, rasa pada kulit) dan Psoriasis (peradangan akut pada kulit).

Dosis & Cara Penggunaan

Nisagon merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter.

Nisagon biasanya digunakan satu sampai tiga kali sehari. Bersihkan daerah yang terinfeksi, biarkan hingga kering, dan kemudian dengan lembut oleskan Nisagon Cream ditempat yang terinfeksi sampai sebagian besar bekas krim menghilang. Gunakan Nisagon Cream hanya untuk menutupi daerah yang terinfeksi. Cuci tangan setelah menggunakan Nisagon Cream.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Nisagon Cream antara lain gatal, ruam kulit, kemerahan, bengkak, tanda lain dari iritasi kulit

Kontraindikasi

  • Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap komposisi dari Nisagon
  • Pasien yang memiliki riwayat penyakit infeksi kulit virus primer (misalnya, herpes simpleks), penggunaan yang luas, kehamilan, usia lanjut, pasien dengan gangguan ginjal, infeksi kulit karena jamur, infeksi kulit pada anak berusia kurang dari 1 tahun.

Interaksi obat
Alkohol dan tembakau

Kategori Kehamilan
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Nisagon Cream ke dalam Kategori D:
Ada bukti positif risiko pada janin manusia, tetapi manfaat obat jika digunakan pada wanita hamil dapat diterima meskipun ada risiko (misalnya, jika obat tersebut diperlukan dalam situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat-obatan yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).