Pengertian

Novomix 30 merupakan alat kesehatan yang diproduksi oleh Novo Nordisk Indonesia. Novomix 30 digunakan untuk mengurangi tingkat gula darah tinggi pada orang dewasa, remaja dan anak-anak berusia 10 tahun ke atas dengan diabetes mellitus (kencing manis). Diabetes adalah penyakit di mana tubuh suatu individu tidak memproduksi cukup insulin untuk mengontrol tingkat gula darah. Novomix 30 juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan tablet untuk diabetes.
Novomix 30 digunakan untuk memasukkan insulin guna membantu memperbaiki produk insulin yang dihasilkan tubuh dengan cepat dan modern dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh.
Novomix 30 akan mulai untuk menurunkan gula darah 10-20 menit setelah menyuntikkan nya ke dalam tubuh, efek maksimum terjadi antara 1 dan 4 jam setelah injeksi, dan efeknya bertahan hingga 24 jam.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Insulin
  • Kandungan: Insulin aspart 30%, protamine crystallised insulin aspart 70%
  • Bentuk: Cartridge
  • Satuan Penjualan: Cartridge
  • Kemasan: Dus, 5 Cartridge @ 3 mL in Prefilled pen (Flexpen)
  • Farmasi: Novo Nordisk Indonesia

Kegunaan

Novomix 30 digunakan untuk memasukkan insulin guna membantu memperbaiki produk insulin yang dihasilkan tubuh dengan cepat dan modern dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh.

Dosis dan Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus Dengan Resep Dokter.

Dosis individual Penyuntikan subcutan.
Dosis awal yang disarankan: 6 U saat sarapan & 6 U saat makan malam atau sekali sehari dengan 12 U saat makan malam. Dapat diintensifkan dari sekali sehari menjadi dua kali sehari ketika mencapai 30 U dengan membagi dosis sama menjadi dosis sarapan & makan malam. Dari dua kali sehari hingga tiga kali sehari, dosis pagi dapat dibagi menjadi dosis pagi & makan siang.

Efek Samping

Hipoglikemia (Penurunan glukosa dalam darah) dan Reaksi anafilaksi (suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian).

Kontraindikasi
Hindari pemberian pada pasien dengan kondisi anak umur dibawah 6-9 tahun, memiliki masalah dengan ginjal atau hati, atau dengan adrenal, hipofisis atau kelenjar tiroid dan mengubah pola diet secara tiba-tiba.

Interaksi Obat
Antidiabetik oral, MAOI, β-blocker, ACE inhibitor, salisilat, steroid anabolik & sulfonamid dapat mengurangi kebutuhan insulin.

Kategori Kehamilan
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Novomix 30 ke dalam Kategori B:
Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).