Pengertian

Ocuson mengandung Betamethasone dan Dexchlorpheniramine maleate. Ocuson merupakan sebuah obat anti-alergi generasi pertama yang biasanya digunakan untuk meredakan gejala-gejala alergi, seperti: kulit bengkak, kulit merah gatal-gatal, kulit bentol, dan bersin-bersin atau hidung berair. Ocuson bekerja dengan cara mengikat kepada zat-zat di dalam tubuh kita yang menyebabkan reaksi alergi, sehingga akan mencegah, atau meredakan reaksi alergi tersebut. Seperti semua anti-alergi generasi pertama lainnya, Ocuson akan menyebabkan rasa mengantuk. 

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antihistamin
  • Kandungan: Betamethasone 0.25 mg, dan dexchlorpheniramine maleate 2 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan : Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Sanbe Farma PT

Kegunaan

Ocuson yang digunakan untuk meredakan gejala-gejala alergi, seperti: kulit bengkak, kulit merah gatal-gatal, kulit bentol, dan bersin-bersin.

Dosis & Cara Penggunaan

Ocuson merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Ocuson juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

  • Dewasa dan anak usia > 12 tahun: 1-2 tablet, di minum 3-4 kali sehari. Maksimal: 8 tablet / hari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Ocuson, seperti: mengantuk, pusing, mulut, hidung, dan tenggorokan kering.

Kontraindikasi
Hindari penggunaan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari Ocuson.

Kategori Kehamilan
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Ocuson ke dalam Kategori C:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.