Pengertian

Osteonate OAW adalah obat yang digunakan untuk pencegahan dan pengobatan osteoporosis pada wanita pasca menopause, meningkatkan massa tulang pada pria dengan osteoporosis, atau pencegahan dan pengobatan osteoporosis pada pria dan wanita karena terapi steroid. Osteonate OAW mengandung Risedronate, obat yang termasuk golongan bifosfonat. Risedronate adalah obat golongan bifosfonat yang mekanisme kerjanya adalah dengan cara menghambat resorpsi tulang melalui tindakan pada osteoklas atau pada prekursor osteoklas. Hal ini akan mengurangi omset tulang sementara aktivitas osteoblas dan mineralisasi tulang dipertahankan.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Obat Metabolisme Tulang.
  • Kandungan: Risedronate sodium 35 mg.
  • Bentuk: Kaplet.
  • Satuan Penjualan: Kaplet.
  • Kemasan: Strip @ 4 kaplet.
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Osteonate OAW digunakan untuk terapi dan pencegahan osteoporosis pada wanita pasca-menopause.

Dosis & Cara Penggunaan

Untuk terapi dan pencegahan osteoporosis pasca-menopause: dosis yang dianjurkan adalah 35 mg sekali seminggu. Osteonate OAW harus diminum sekali seminggu, minimal 30 menit sebelum makan pagi. Tablet harus diminum pada hari yang sama setiap minggu. Untuk memudahkan penghantaran ke lambung, Osteonate OAW harus ditelan pada saat pasien berada pada posisi tegak dengan segelas air putih (200 cc). Pasien sebaiknya tidak berbaring selama 30 menit setelah minum obat ini.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi yaitu Infeksi, nyeri punggung, artralgia, nyeri perut, mual, diare, hipertensi, dan infeksi saluran kemih, sakit kepala. Duodenitis dan glositis pernah dilaporkan, tetapi jarang terjadi. Hasil pemeriksaan fungsi hati yang tidak normal sangat jarang ditemukan.