Pengertian

Provelyn adalah obat yang mengandung pregabalin yang berfungsi sebagai obat anti epilepsi, yang juga disebut antikonvulsan(anti kejang). Bekerja dengan memperlambat impuls di otak yang menyebabkan kejang. Pregabalin juga memengaruhi bahan kimia di otak yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke seluruh sistem saraf. Provelyn digunakan untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh fibromyalgia, atau nyeri saraf pada penderita diabetes (neuropati diabetik), herpes zoster (neuralgia pasca-herpetik), atau cedera saraf tulang belakang. Provelyn juga digunakan dengan obat lain untuk mengobati kejang onset parsial pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia minimal 4 tahun.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Anti Konvulsan.
  • Kandungan: Pregabalin 75 mg.
  • Bentuk: Kapsul.
  • Satuan Penjualan: Kapsul.
  • Kemasan: Strip @ 14 kapsul.
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Nyeri neuropati perifer pada pasien dewasa; sebagai terapi tambahan pada kejang parsial dengan atau tanpa generalisasi sekunder pada pasien dewasa; gangguan kecemasan umum pada pasien dewasa; dan mengurangi nyeri pada fibromialgia

Dosis & Cara Penggunaan

Kisaran dosis 150-600 mg/hari, diberikan dalam 2-3 dosis terbagi. Dapat diberikan dengan atau tanpa makanan. Dosis awal yang direkomendasikan adalah 75 mg, dua kali sehari (150 mg/hari). Pada umumnya, dosis optimum adalah 150 mg, dua kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan setelah interval pemberian 1 minggu, dan bila diperlukan dapat ditingkatkan hingga dosis maksimum 300 mg dua kali sehari, pada minggu berikutnya.
Catatan: pada pasien dengan gangguan hati tidak diperlukan penyesuaian dosis, efektifitas dan keamanan pregabalin pada pasien anak di bawah 12 tahun dan remaja belum diketahui dengan pasti, penyesuaian dosis perlu dilakukan pada pasien usia lanjut, mengingat menurunnya fungsi ginjal pada kelompok usia ini.

Efek Samping

Efek samping yang paling sering terjadi sehubungan dengan terapi pregabalin adalah pusing dan mengantuk, umumnya berintensitas ringan-sedang.