Pengertian

Sofra-tulle merupakan kain kasa dengan kandungan antibiotik Framisetin Sulfat BP 1% dalam basis lano-parafin. Sofra-tulle dapat digunakan untuk menutup bermacam-macam luka yang terinfeksi, seperti luka bakar, melepuh yang ringan, luka gigit, luka terkoyak. Selain itu, Sofra-tulle dapat digunakan untuk infeksi kulit sekunder (eksema atau alergi yang disebabkan oleh bakteri), dermatitis (kulit mengalami peradangan), dan herpes zoster atau cacar air.

Keterangan

  • Golongan: Obat keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik
  • Kandungan: Framisetin Sulfat BP 1%
  • Bentuk: Kassa
  • Satuan Penjualan: Sachet
  • Kemasan : Sachet, 1 Plester (10 CM x 10 CM)
  • Farmasi: Sanofi Group Indonesia

Kegunaan

Sofra-tulle dapat digunakan untuk menutup luka yang terinfeksi. Selain itu, Sofra-tulle dapat digunakan untuk infeksi kulit sekunder, dermatitis, dan herpes zoster atau cacar air.

Dosis & Cara Penggunaan

Sofra-tulle merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan Obat Keras, sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. 

  • Aturan penggunaan Sofra-tulle:
    Bersihkan luka dan luka ditutup dengan selapis Sofra-tulle. Kemudian balut daerah yang terinfeksi. Untuk luka dengan eksudat (cairan radang, seperti cacar), ganti kasa ini 1 kali sehari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama pengunaan Sofra-tulle, antara lain:
Ototoksisitas (luka terbuka, luka pada daerah yang luas, gangguan ginjal pada pemakaian jangka lama).

Kontraindikasi :
-Jangan diberikan pada pasien yang hipersensitif terhadap antibiotik Framisetin Sulfat.
-Jangan diberikan pada luka bakar yang luas.

Kategori Kehamilan
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Sofra-tulle ke dalam Kategori D:
Ada bukti positif risiko pada janin manusia, tetapi manfaat obat jika digunakan pada wanita hamil dapat diterima meskipun ada risiko (misalnya, jika obat tersebut diperlukan dalam situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat-obatan yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).