Pengertian

Terastarch adalah larutan infus dalam flexy bag yang merupakan pengganti volume plasma koloid yang mengandung Hydroxyethyl starch (HES) 6% di dalam larutan elektrolit seimbang. Berat molekulnya adalah 130.000 Dalton dan substitusi molar sebesar 0,42. Terastarch 60 mg/mL bersifat iso-onkotik, sehingga dapat meningkatkan volume plasma intravaskuler sebanding dengan volume infus yang diberikan.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Elektrolit. Kandungan: O-(2-hydroxyethyl)-amylopectin hydrolysate HES BM 130.000 Dalton 60,00 g (derajat substitusi 0,4), Sodium chloride 6,26 g Potassium chloride 0,30 g, Calcium chloride 2H2O 0,37 g, Magnesium chloride 6H2O 0,20 g, Sodium acetate 3H2O 3,28 g, Malic acid 0,67 g.
  • Bentuk: Larutan Infus.
  • Satuan Penjualan: Flexy Bag.
  • Kemasan: Flexy bag 500 mL.
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Terastarch dapat digunakan sebagai terapi hipovolemia jika pasien tidak merespons terhadap larutan kristaloid.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis harian dan kecepatan infus tergantung pada jumlah hilangnya darah, pemeliharaan atau pemulihan parameter hemodinamik. Sebanyak 10-20 mL pertama diinfuskan secara perlahan dan perlu pemantauan dengan hati-hati sehingga kemungkinan reaksi anafilaktik dapat dideteksi secepat mungkin. Kecepatan infus maksimum tergantung pada kondisi klinik. Pasien dengan syok akut dapat diberikan sampai 20 mL/kgBB/jam (setara dengan 0,33 mL/kgBB/menit atau 1,2 g hydroxyethyl starch/kgBB/jam).

Efek Samping

Efek samping yang paling sering dilaporkan adalah yang berhubungan langsung dengan efek terapi larutan starch dan dosis pemberian, seperti hemodilusi akibat dari ekspansi ruang intravaskuler tanpa disertai pemberian komponen darah. Dilusi dari faktor koagulasi dapat juga terjadi. Reaksi hipersensitivitas, sangat jarang, tidak tergantung dosis.