Pengertian

Trinordiol mengandung Levonorgestrel dan Ethinylestradiol. Trinordiol digunakan oleh wanita untuk mencegah kehamilan setelah kegagalan pengendalian kelahiran (seperti kondom yang rusak) atau seks tanpa kondom. Trinordiol bekerja terutama dengan mencegah pelepasan telur (ovulasi) selama siklus menstruasi. Trinordiol juga membuat cairan vagina lebih tebal untuk membantu mencegah sperma mencapai sel telur (pembuahan) dan mengubah lapisan rahim (rahim) untuk mencegah menempelnya sel telur dibuahi. Penggunaan Trinordiol tidak akan menghentikan kehamilan yang sudah ada atau melindungi Anda atau pasangan Anda terhadap penyakit menular seksual (seperti HIV, gonorrhea dan chlamydia). Hindari penggunaan Trinordiol pada ibu hamil dan menyusui.

Keterangan

Golongan: Obat Bebas Terbatas
Kategori: Kontrasepsi
Kandungan: Levonorgestrel, Ethinylestradiol
Bentuk: Tablet
Satuan Penjualan: Strip
Kemasan: Strip @ 21 Tablet Salut Gula ; Strip @ 28 Tablet Salut Gula
Farmasi: Sunthi Sepuri/Wyeth-Ayerst

Kegunaan

Trinordiol digunakan sebagai Obat kontrasepsi (mencegah kehamilan).

Dosis & Cara Penggunaan

Trinordiol merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan trinordiol juga harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

1 tablet sehari untuk 28 hari berurutan dalam 1 kemasan. Tablet pertama diminum pada hari pertama siklus menstruasi.

Efek Samping

1. Mual
2. Pengerasan payudara
3. Terjadi perdarahan di antara dua siklus menstruasi (metrorrhagia)
4. Turunnya gairah seksual
5. Peningkatan berat badan
6. Perubahan mood dan emosi

Kontraindikasi
Penyakit yang diderita, terutama penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi, diabetes, serta kanker payudara, rahim, dan kanker hati.

Interaksi Obat
1. Carbamazepine.
2. Lopinavir.
3. Rifampicin.