MERS

MERS

Penyakit

Pengertian

MERS (middle east respiratory syndrome) merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang saluran napas bawah. Penyakit ini termasuk kategori penyakit menular. Meski demikian, proses penularannya tidak semudah penularan virus selesma biasa.

Penyakit ini pertama kali dideteksi di Arab Saudi pada tahun 2012 dan menjadi wabah yang mematikan. MERS rentan dialami oleh orang-orang yang bepergian ke negara Timur Tengah, seperti Mesir, Oman, Qatar, dan Arab Saudi.

Penyebab

MERS disebabkan oleh virus corona, kelompok virus yang menyebabkan selesma. Virus ini awalnya menginfeksi hewan, lalu kemudian berkembang menyebabkan penyakit pada manusia juga. Penularan ke manusia dapat terjadi akibat kontak manusia dengan unta yang terinfeksi. 

MERS

Diagnosis

Dugaan MERS umumnya dipikirkan bila ada riwayat bepergian ke daerah Timur Tengah dalam 2 minggu sebelum gejala batuk, sesak napas, dan demam muncul. Untuk memastikan ada tidaknya MERS, penderita akan diisolasi, kemudian dokter akan mengambil sampel darah untuk diperiksa apakah terdapat antibodi terhadap MERS.

Selain itu, pemeriksaan lain yang dapat dilakukan adalah foto rontgen untuk melihat kondisi paru, serta pemeriksaan analisis gas darah untuk melihat kadar oksigen di dalam darah.

Gejala

Gejala MERS serupa dengan gejala infeksi paru, yaitu demam, batuk, dan sesak napas. Selain itu, gejala lain yang dapat muncul adalah:

  • nyeri sendi
  • sakit tenggorokan
  • sakit kepala
  • diare

Penyakit ini sering menyebabkan komplikasi serius yang dapat mengancam nyawa, yaitu sesak napas hebat dan gagal ginjal.

Pengobatan

Tidak ada pengobatan spesifik atau vaksin untuk mengobati MERS. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk mengurangi gejala yang dialami. Di antaranya adalah pemberian oksigen tambahan untuk mengurangi sesak, pemberian cairan infus untuk mencegah dehidrasi, dan pemberian obat penurun demam.

Bila terjadi komplikasi gagal ginjal, terkadang cuci darah (hemodialisis) untuk sementara waktu akan diperlukan.

Pencegahan

Untuk mencegah terkena infeksi MERS, sebaiknya hindari bepergian ke daerah wabah MERS. Bila harus bepergian ke daerah endemis MERS, maka yang perlu dilakukan adalah:

  • Sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  • Hindari mengonsumsi daging setengah matang
  • Jika akan mengonsumsi sayur dan buah, pastikan makanan tersebut sudah dicuci bersih sebelumnya
  • Gunakan masker
Reporter dan Editor
Reporter

Klikdokter

ARTIKEL TERKAIT

Jadi Andalan Petugas Medis saat Wabah COVID, Ini Fakta Hazmat Suit

Info Sehat
26 Mar

9 Cara Sederhana yang Ampuh Cegah Flu Unta

Berita Kesehatan
30 Jan

Adakah Vaksin untuk Mencegah Flu Unta?

Berita Kesehatan
29 Jan

Bisakah Flu Unta Terjadi Berulang?

Berita Kesehatan
26 Jan

Flu Unta dan Flu Arab, Apa Bedanya?

Berita Kesehatan
26 Jan