OCD dan tipe checker

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Selamat malam Dok, saya mau nanya tentang OCD. Saya sering membaca artikel tentang OCD, dan saya pikir saya mengalami hampir semua gejalanya, cuci tangan sampai berulang-ulang (saya biasanya takut untuk menyentuh sesuatu karena takut barang/benda itu ada kumannya padahal orang lain menganggap itu biasa saja), mengecek kompor-pintu-colokan listrik bahkan bisa lebih dari 5 kali setiap saya ingin meninggalkan rumah ataupun saat saya ingin tidur di malam hari. Jika saya tidak melakukan hal-hal itu, saya akan terus merasa cemas dan akan terus memikirkannya. Pikiran saya juga selalu mengharuskan saya menyusun barang-barang secara simetris ataupun sesuai warna, dan mengumpulkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak berguna tapi terkadang saya takut bagaimana jika nantinya barang itu akan berguna. Tapi yang paling aku rasakan tiap hari adalah tipe Checkers. Apakah ini sudah sangat serius? Apakah saya harus ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan ?

OCD

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Halo Dok, saya mau nanya tentang OCD. Saya sering membaca artikel tentang OCD, dan saya mengalami hampir semua gejalanya, cuci tangan sampai berulang-ulang (saya biasanya takut untuk menyentuh sesuatu karena takut barang/benda itu ada kumannya, padahal menurut orang lain itu biasa saja), mengecek kompor-pintu-colokan listrik bahkan bisa lebih dari 5 kali setiap saya ingin meninggalkan rumah ataupun saat saya ingin tidur di malam hari. Jika saya tidak melakukan hal-hal itu biasanya saya akan terus merasa cemas dan terus memikirkannya. Saya juga merasa harus menyusun barang-barang secara simetris ataupun sesuai warna, mengumpulkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak berguna tapi terkadang saya takut bagaimana jika nantinya barang itu akan berguna. Tapi yang paling aku rasakan tiap hari adalah tipe Checkers. Apakah ini sudah sangat serius? Apakah saya harus ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan ?
OCD dan Perfeksionis, Ini Bedanya (Andrey_Popov/Shutterstock)
Info Sehat
OCD dan Perfeksionis, Ini Bedanya

Seputar OCD

Info penanya: pria, 42 Tahun

saya ingin berkonsultasi dengan dokter yang mengerti tentang OCD, karena selama ini sudah mencoba ke psikiater dan psikolog tapi mereka kurang menanggapi untuk OCD. Mungkin bisa dapat referensi dari klikdokter. Domisili di Jakarta Utara, terima kasih.
9 Hal yang Sering Dikira Autisme (Eakachai-Leesin/Shutterstock)
Info Sehat
9 Hal yang Sering Dikira Autisme
Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri (Tetiana Mandziuk/Shutterstock)
Info Sehat
Dermatilomania, Kondisi Sulit Berhenti Mengelupasi Kulit Sendiri
Melihat Kondisi OCD pada Usia Muda (Halfbottle/Shutterstock)
Info Sehat
Melihat Kondisi OCD pada Usia Muda
Awas, Sikap Perfeksionis Bisa Picu Gangguan Mental! (g-stockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Awas, Sikap Perfeksionis Bisa Picu Gangguan Mental!

Perilaku Obsesif-Kompulsif

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Saya sering mencuci tangan sampai puluhan kali. Saya lelah, ap yang harus saya perbuat. Saya penderuta OCD.

OCD

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Selamat pagi dok, saya menderita ocd dan semakin parah di tahun ini. Penyakit ini muncul baru baru ini, mungkin tahun lalu. Saya tidak tahu penyebab munculnya penyakit ini. Krg lebih 2 tahun saya menderita depresi dan saya rasa sudah sembuh sekarang. Itu tahun lalu, dan saya adlh org perfeksionis. Namun semakin menjadi jadi di tahun ini shg mgkin menjadi penyebab ocd ini. Saya mencoba browsing untuk menyembuhkan penyakit ocd ini. Namun ketika sembuh, kdg kambuh lagi. Dan saat ini saya rasa semakin parah karena saya menjadi sangat cemas. Pertanyaan saya apakah depresi juga berpengaruh terhadap kemunculan ocd ini? Apakah saya harus menemui psikiater utk menyembuhkan ocd saya? Terima kasih

Diet OCD

Info penanya: pria, 28 Tahun

Selamat Sore Dok, saya ingin bertanya apabila saya menjalan diet OCD dengan berpuasa 16 Jam 1 hari. Apakah akan mengakibatkan saya terkena penyakit mag ? Kalau boleh tahu penyakit maag itu terjadi karena kita telat makan / makan tidak teratur jamnya ?
3 Gangguan Jiwa yang Sering Menyerang Pria (G Stockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
3 Gangguan Jiwa yang Sering Menyerang Pria