Pengertian

Dalam ilmu kedokteran gigi, radang pada permukaan lidah disebut juga dengan istilah glossitis. Ini adalah kondisi di mana lidah menjadi bengkak dan membesar. Lidah juga akan berubah warna menjadi kemerahan dan terjadi perubahan struktur pada permukaan.

Glossitis dapat menyebabkan bintik-bintik kecil (papillae) yang ada di permukaan lidah menghilang. Bila keadaan sudah parah, penyakit ini bisa menyebabkan rasa sakit dan menimbulkan kesulitan saat berbicara atau makan.

Ada beberapa jenis penyakit glossitis yang dapat dijumpai, di antaranya:

  • Glossitis Akut

Pada keadaan ini, peradangan terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa sakit. Biasanya muncul karena reaksi suatu alergi.

  • Glossitis Kronis

Peradangan yang terjadi pada lidah yang dapat hilang dan timbul. Umumnya disebabkan karena suatu penyakit.

  • Glossitis Atrofi

Peradangan ini disebabkan oleh perubahan warna dan tekstur pada lidah. Bintik-bintik kecil di lidah kemudian juga menghilang sehingga lidah terlihat mengilap. Kondisi ini disebut juga sebagai glossitis hunter.

Penyebab

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab yang dapat menimbulkan terjadinya radang permukaan lidah atau glossitis, yaitu:

  • Reaksi Alergi

Reaksi alergi terhadap obat-obatan, makanan, dan potensi iritasi lainnya dapat memperberat papilla dan jaringan otot lidah. Selain itu pasta gigi juga dapat menyebabkan alergi dan mengiritasi lidah.

  • Penyakit Infeksi

Penyakit-penyakit tertentu dapat memengaruhi sistem kekebalan yang bisa menyerang papilla dan otot pada lidah. Contohnya, penyakit herpes simplex. Ini adalah kondisi di mana virus menyebabkan luka dan lecet di sekitar mulut, serta pembengkakan dan nyeri pada lidah.

  • Kekurangan Zat Besi

Kadar zat besi yang rendah dalam darah dapat memicu timbulnya radang pada lidah. Zat besi sendiri berguna untuk mengatur pertumbuhan sel dengan membantu tubuh membuat sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh organ tubuh.

Tingkat zat besi yang rendah dalam darah akan menyebabkan tingkat myoglobin rendah. Myoglobin merupakan protein dalam sel darah merah yang penting untuk kesehatan otot di seluruh jaringan, terutama jaringan otot lidah.

  • Trauma

Trauma yang disebabkan oleh cedera pada mulut dapat memengaruhi kondisi lidah. Peradangan dapat terjadi karena luka atau luka bakar yang disebabkan oleh makanan atau minuman panas.

Peradangan bisa juga terjadi karena peralatan gigi –seperti kawat gigi, yang bisa menimbulkan gesekan pada permukaan yang kasar. Gesekan ini dapat menyebabkan luka dan memicu terjadinya glossitis. Nantinya, seseorang bisa memiliki risiko cedera yang berulang pada mulut dan lidah.

Gejala

Gejala yang timbul bisa bervariasi, tergantung dari penyebab peradangan pada permukaan lidah. Meski demikian, terdapat beberapa gejala yang umum muncul, seperti:

  • Rasa sakit dan nyeri pada lidah
  • Terjadi pembengkakan pada lidah
  • Lidah berubah warna menjadi merah gelap
  • Kesulitan berbicara, menelan, maupun makan
  • Hilangnya bintik-bintik atau papilla pada permukaan lidah

Diagnosis

Untuk menentukan terjadinya radang permukaan lidah atau glossitis, dokter akan melakukan tanya jawab terhadap pasien untuk menemukan gejala yang muncul. Selain itu, dokter juga akan memeriksa kondisi mulut dan lidah pasien.

Pemeriksaan sampel air liur juga dapat dilakukan untuk mengetahui adanya penyakit lain yang melatari kondisi ini atau tidak.

Pengobatan

Penanganan radang pada lidah atau glossitis bergantung dari faktor penyebabnya. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Antibiotik

Jika terjadi karena adanya infeksi, dokter akan meresepkan obat antibiotik, antijamur, dan antivirus untuk menghilangkannya infeksi bakteri, jamur ataupun virus.

  • Menghilangkan rasa sakit

Rasa sakit umumnya akan timbul sehingga dokter juga akan meresepkan obat kortikosteroid topikal sebagai penghilang rasa sakit.

  • Menjaga kesehatan mulut

Menggosok gigi dan lidah dua hari sekali dapat meningkatkan kesehatan lidah, gusi serta gigi. Hal ini dapat membantu meringankan gejala glossitis dan mencegah kondisi tersebut muncul kembali.

Pencegahan

Risiko terjadinya radang pada permukaan lidah atau glossitis dapat dicegah dengan cara sebagai berikut:

  • Menjaga pola makan sehat.
  • Menghindari hal yang memungkinkan terjadinya iritasi, seperti makanan atau minuman yang panas, makanan pedas, makanan asam dan rokok.
  • Menjaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi dan melakukan flossing.