Rhinitis atau Hidung Sensitif

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Assalamu'alaikum Selamat siang dok. Saya mau bertanya mengenai penyakit rinitis. Saya sering kali pagi pagi kena flu. Habis cuci muka pagi, langsung kena bersin bersin. Dan bersin bersinnya itu sering banget. Kadang dalam satu menit itu bisa 3-4 kali. Dan itu cukup mengganggu aktivitas saya. Dan flu nya kadang berhenti sampai siang, kadang sampai sore juga. Bahkan kadang sampai besok nya juga baru berhenti. Sejauh ini saya belum pernah cek ke dokter. Cuma dari yang saya baca baca di internet, itu seperti gejala rinitis. Saya ingin memastikan itu dok. Apa benar itu rinitis atau cuma hidung aku aja yang emang sensitif. Terimakasih dok

Sering Pilek, Kenapa Ya?

Info penanya: pria, 15 Tahun

Halo dok, gini dok saya pingin nanya ni dok. Dari saya kecil sampai umur saya 15 ini. Saya selalu pilek ngga pernah 1 hari pun saya tidak mampet hidungnya. Kalau tidak kanan, ya kiri dan sebaliknya. Kalau keluarin ingus mampet dan susah kadang dok. Bagaimana solusinya ya dok?

hidung berair terus menerus

Info penanya: pria, 22 Tahun

Dokter yang terhormat saya punya keluhan walaupun saya tidak sedang pilek kenapa ya ingus saya tetap ada?

Pilek Terus Menerus, Rhinitis Alergi?

Info penanya: wanita, 17 Tahun

Dokter, saya tiap hari bawaannya pilek terus, yang saya idap ini alergi atau ada diagnosa penyakit lain, mohon dijawab dok. terima kasih

Bersin di Pagi Hari

Info penanya: wanita, 19 Tahun

saya suka bersin bersin pada pagi hari, kalau liat debu juga rasanya ingin bersin rasanya ingin pilek begitu. Begitu pula dengan dingin dan rambut pada kucing, kira kira saya terkena penyakit/virus atau apa ya dok? ada solusi dan pencegahannya?

Bersin berulang kali tanpa pilek

Info penanya: wanita, 1995 Tahun

Dok, kenapa saya selalu bersin? Bersin setiap hari, tp saat bersin hidung tidak sampai berlendir setelahnya, waktu bersinnya pun tidak menentu, kadang pagi, siang atau malam dan kadang bersin bisa lebih dari sekali setiap harinya,

Sering Bersin di Pagi Hari

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya seorang mahasiswi. Selama beberapa hari ini saya sering bersin di pagi dan malam hari. Tapi beberapa hari ini saya sering mengeluarkan cairan dri hidung saya dalam hidung saya juga terasa sakit krna luka.

Masih Ingusan Saat Dewasa

Info penanya: pria, 21 Tahun

Dok. Saya bertanya kenpa saya sampai sekarang masih ingusan. Saya ingusan dari kecil hingga sekarang.

Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Permisi dok saya mau tanya, Hidunf saya itu sensitif sekali kalau ada debu atau hawa dingin lngsng bersin2 terus akhirnya flu susah bernafas, apalagi kalau hidung kena sentuhan yg agak keras lngsng bersin2 gatal sekali rasanya smoe badan ikutan panas kadang menggigil kepala juga ikut sakit. Nah akhir2 ini dada saya jdi sering sesak trs jga kalau malam keluar keringat dingin kepala juga sakit lemes flu juga yg menyebabkan susah tidur. Setiap bangun pagi juga hidung lngsng bereaksi trs bersin2 flu. Saya harus bagaimana dok? Saya sudah priksa katanya alergi biasa cmn d kasih obat sm vitamin tp masih sprti ini
5 Hal Pemicu Bersin yang Perlu Anda Tahu (wavebreakmedia/Shutterstock)
Info Sehat
5 Hal Pemicu Bersin yang Perlu Anda Tahu
Cara Bedakan Rhinitis Alergi dan Pilek Flu (PORTRAIT-IMAGES-ASIA-BY-NONWARIT/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Bedakan Rhinitis Alergi dan Pilek Flu

Hidung Sering Tersumbat

Info penanya: wanita, 31 Tahun

Hidung sering mampet, kalau cuaca dingin, panas, kena debu pasti selalu mampet. Setiap malam pasti masmpet, siang kalau dibawa tiduran pun mampet hidung nya trpaksa bernafasn menggunakan mulut. Kalau pas lagi mampet organ hidung terlihat bengkak sehingga mengjalangi udara masuk. Apa ya dok nama penyakit nya. Sudah saya alami kurang lebih 4 tahun

Penyebab Wajah Pucat dan Rhinitis Alergi

Info penanya: pria, 17 Tahun

Halo dokter... Izinkan saya bertanya tentang masalah kesehatan yang saya alami. Perkenalkan nama saya Ardy, umur 17thn, tinggi badan 170cm, berat badan 76kg. Saya adalah siswa pelajar SMK kelas 3 sekarang. Masalah yang saya alami saat ini adalah wajah terasa pucat. Sebelumnya, izinkan saya untuk bercerita tentang kronologi yang saya alami agar Anda bisa merespon apa yang saya tulis ini. Dan mohon kepada dokter untuk menjawab pertanyaan saya ini dan berikan saran agar saya sembuh. Saya mengalami wajah pucat ketika memasuki bangku SMP. Dulu ketika SD saya masih merasa nyaman dengan diri sendiri dan wajah setiap harinya terasa segar tdk pucat. Tapi ketika memasuki SMP hampir setiap harinya itu wajah terasa pucat dan saat SMP mata ku juga terasa tidak nyaman, matanya jadi lemas dan tidak melek/melotot. Keadaan ini saya rasakan ketika menjelang siang hari dan pada siang hari. Hal ini membuatku hampir putus asa karena dg keadaan ini saya sangat tidak nyaman. Saya malas untuk berinteraksi dg teman teman tetapi saya tetap memaksakan diri sendiri. Keadaan ini membuat saya tidak aktif atau giras dalam menjalani hidup. Terkadang jika wajah terkena air biasanya saat wudhu itu rasanya tidak nyaman banget. Dalam pikiranku mungkin keadaan ini karena saya jarang jajan waktu kelas 7 - 8 dan makan ketika pulang sekolah(Kelas 9 saya sering jajan/makan). Tapi ketika pulang sekolah jam 2 an saat di rumah itu berangsur pulih dan nyaman di wajah dan diri sendiri walaupun terkadang tidak sembuh sampai sore hari. Berlanjut ketika di bangku SMK, yang saya rasakan tidak jauh berbeda. Namun bukan wajah pucat saja yang saya rasakan tapi bagian mulut dan sekitarnya terasa tidak nyaman banget. Sehingga ketika berinteraksi terasa tidak nyaman dan kadang pun jadi garing. Keadaan saya ini berlangsung saat menjelang waktu dhuhur dan setelahnya. Kadang juga malah dari pagi. Jadi ketika saya terkena air mukanya saat wudhu/cuci muka itu muka langsung gak nyaman banget apalagi ditambah mulut juga gk nyaman. Untuk menyiasati ini biasanya saya gk dulu ikut sholat dhuhur di sekolah agar muka tetap nyaman walaupun keadaan juga tidak jauh beda. Tetep aja gak enak sih tapi lumayan untuk tetap semangat sekolah. Jadi keadaan ini membuat saya malas untuk berinteraksi dengan orang lain walaupun oleh saya tetap memaksakan dengan rasa yang tidak nyaman di wajah. Saya jadi kurang aktif dan juga terkadang juga dibarengi dg ngantuk. Walaupun itu saya tetap profesional dan menunjukkan seakan tidak ada apa apa di diri saya ini. Jadi setiap siang hari itu langsung mata pucat, wajah pucat mulut pucat dan rasanya gak nyaman banget. Terkadang dibarengi dengan ngantuk Saya sudah mengintrospeksi diri sendiri. Saat keadaan itu terjadi saya pake doa doa, dzikir agar penyakit ini sembuh. Karena takutnya ada gangguan syetan. Tapi tetap tidak manjur. Kemudian saya introspeksi lagi. Apa yang salah? Saya hobinya olahraga, hampir setiap hari olahraga tapi tetap saja penyakit itu menyerang saat siang hari. Ini karena apa? Olahraga sudah terpenuhi. Mungkin karena saya jarang minum ketika di sekolah/saat keadaan itu terjadi. Tp tdk mungkin lah, saya pernah mencoba minum terus saat terkena keadaan tersebut tapi tetap saya tidak sembuh. Kemudian saya berpikiran bahwa mungkin saya kurang tidur.Tapi setelah tidur terpenuhi tetap saja sama. Walaupun pernah/terkadang saat terkena pucat gk nyaman di wajah kemudian saya tidur atau ketika itu saya kan pulang sekolah dan tidur lah saat bangun keadaan lumayan baik. Jadi saya beranggapan kurang istirahat atau bagaimana lah. Rasa yang saya alami itu nggak lemas pada tubuh, tenaga/semangat itu masih kuat atau ada tapi yang mengganggu itu wajah saya terasa pucat dan tidak segar ditambah mulutnya juga ikut ikutan. Saya sudah ngaca tapi kelihatannya normal normal saja. Untuk olahraga kuat. Tapi itu wajahnya terasa pucat gak berenergi. Tapi pernah suatu hari itu gak terjadi apa apa dan seperti sembuh, tp tdk berlanjut di hari kemudian. Saya kalo pagi sering BERSIN BERSIN. Saya tidak putus asa, terus mencari penyebabnya mungkin ini anemia, jadi saya sekarang lebih banyak makan dan minum dan setelah pencarian ini, saya mencoba beli Sangabion penambah darah dan saya makan rutin sehari 1x tapi hasilnya tetap sama tidak ada perubahan pada tubuh. Hingga akhirnya saya bertanya melalui tulisan ini, apa yang sebenarnya saya alami? penyakit apa? saya rasa saya sudah sehat karena sering olahraga tubuh juga gemukan dan bisa dibilang gagah. Saya hampir putus asa dengan keadaan ini. Sebenarnya saya ingin mengecek ke dokter tapi rasanya sungkan dan juga masalah biaya juga sih. Tapi pasti di kemudian hari akan ke dokter kok. Mohon maaf apabila penyampaian kurang jelas maupun kurang tepat. Saya hanya ingin menyampaikan keluhan saya saja. Mohon responnya dokter. Semoga yg memberikan respon akan bertambah rezeki di dunia dan pahala yang banyak. Aamiin

Mudah Pilek Di Pagi Hari

Info penanya: pria, 19 Tahun

Dok, kenapa ya, setiap pagi saya pasti pilek,tapi kalo udah siang udah engga?

Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Hidung saya setiap pagi/terbangun malam hari di atas pukul 24:00 selalu bersin-bersin, siang pun kadang-kadang jika menghirup debu, serbuk makanan, dan udara dingin, kemudian setelah bersin selalu keluar lendir dan cairan bening, mata kiri saya juga gatal padahal tidak sedang sakit mata

Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 16 Tahun

dok saya bersin hampir setiap hari.tapi saya sama sekali tidak flu.kira2 itu kenapa ya dok

Seputar Rhinitis Alergi

Info penanya: pria, 21 Tahun

Selamat malam dok, saya Adrian mau bertanya soal kesehatan, jadi beberapa tahun lalu saya didiagnosa dokter THT mengalami rhinitis, jadi intinya di bilang jangan sampai terkena alergan, lalu dia berikan obat, selama penggunaan obat hidung saya aman2 saja tidak ada masalah namun jika obat sudah habis di konsumsi maka setiap pagi, saat cuaca dingin, atau saat terkena debu hidung saya akan berair bahkan bisa keluar lendir bening tanpa bisa saya kontrol ( keluar sendiri), yg menjadi pertanyaan saya apakah memang ini tidak ada obatnya dan pertanyaan kedua saya sebenarnya mengalami ini sejak duduk di bangku SMA dimana saya di tuntut bangun subuh karena jam masuk yg pagi sekali, jadi kenapa pas duduk di bangku SD maupun SMP saya tidak ada masalah dengan rinitis, tolong penjelasannya dok, terima kasih

Rhinitis Alergica

Info penanya: pria, 18 Tahun

Dok saya sering pilek saat udara dingin juga saat terkena debu dan kadang disertai bersin dan mata saya juga berair, apakah ini alergi dan bagaimana cara mengatasinya? trims

Bersin Setiap Pagi

Info penanya: wanita, 24 Tahun

Selamat malam... dokter saya ingin bertanya. Setiap hari saya mengalami bersin, pagi hari ketika bangun ingus nya susah sekali dikeluarkan karena kental dan bergumpal. Di saat badan merasa panas atau dingin pasti akan bersin bersin tiada henti, kadang kala kalau tidak enak badan dan hidung terasa sakit tahu tahu mimisan. Saya sudah konsultasi dengan dokter THT tapi dokter bilang cuma alergi tapi sudah 3 tahun tapi tetap sama, terima kasih dokter.

Sering Pilek dan Bersin

Info penanya: wanita, 31 Tahun

Dok...anak sy kurang lebih 1 THN ini pilek berkepanjangan usia 7 THN & tdr seperti sesak nafas(mendengkur) sy perhatikan dia nafas dari mulut. Sdh 2 x ke dokter THT diaknosa nya ber beda2 tentu dgn dokter yg beda. Yg 1 blng positif amandel menyarankan di operasi tapi berapa bln kemudian periksa lg katanya ga ada amandel tapi ya itu masih saja pilek...minta tolong sebaiknya sy hrs gmn Dok? Sebelum nya terimakasih banyak

Sering Pilek dan Bersin

Info penanya: pria, 16 Tahun

Dok, saya sudah dari bertahun-tahun yang lalu sering pilek dan bersin-bersin. Jika sudah terkena flu, lama untuk penyembuhannya. Akhir-akhir ini, saya sering flu dan bila rukuk atau sujud /(semua aktivitas yg kepala ke bawah) maka akan terasa nyeri yang sakit sekali. Saya sudah ke dokter dan hanya diberi obat alergi. Tapi, saat saya beraktivitas skrg ini saya tetap merasakan pusing dan terkadang meriang. Jika memang Rhinitis, apakah ada pengobatan khususnya? Atau adakah kemungkinan penyakit lain?

Pengobatan Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Halo dok, saya penderita alergi rhinitis dan sudah mendapatkan terapi dengan Avamys sampai habis (dan sudah habis). Alergi dapat datang sewaktu-waktu, apa boleh Avamys di gunakan jika sedang mengalami alergi saja?

Anak Bersin-Bersin Setiap Pagi

Info penanya: wanita, 28 Tahun

Dok, anak saya laki laki umur 4 tahun, jika udara dingin di pagi hari pilek bersin-bersin sampai keluar ingus, menjelang siang pilek nya berhenti. Apakah bila di kasih vaksin influenza bisa berhenti pilek nya? Terima kasih,dok.

Mengatasi Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 25 Tahun

saya punya rihinitis alergi terhadap cuaca dingin ..sudah sejak 3 tahun dan saya juga menggunakan obat anti alergi tapi sudah beberapa bulan ini obat nya ga ada pengaruh nya lagi apa saya sudah kebal terhadap obat yang selama ini saya pakai ?? mohon solusinya dok

Hidung Tersumbat Tiap Pagi

Info penanya: wanita, 36 Tahun

Selamat pagi dok,saya mau bertanya...selama bbrp hari ini setiap pagi hidung dan tenggorokan saya banyak lendir,bahkan hidung suka mampet layaknya orang pilek.kenapa ya dok? Apa itu normal?

Bersin-bersin Tiap Pagi

Info penanya: pria, 48 Tahun

setiap pagi saya bersin dan flu kenapa ya dok

Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 18 Tahun

izin bertanya dok, saya sudah lebih dalam sebulan ini mengalami hidung tersumbat, sangat kesulitan ketika bernafas sampai ketika tidur harus bernafas lewat mulut. terkadang sekretnya keluar, namun setelah itu hidung tersumbat lagi. cairan yang keluar berwarna putih bening. dan sering kali setiap pagi saya bersin dan pernah sampai 10 kali dalam satu pagi. sebenarnya penyakit apa yang sedang saya alami dok?

Pilek Tengah Malam

Info penanya: pria, 18 Tahun

Dok, kenapa ya tiap tengah malam saya pilek tetapi jika sudah jam 7 pagi pilek saya sembuh

Hidung Sering Berair

Info penanya: pria, 22 Tahun

Sore dok, Saya mau tanya gejala penyakit yang sedang saya alami. - Hidung saya sering sekali mengeluarkan air cairan seperti ingus tapi bening. apalagi jika setelah bersin - Hidung saya sering tersumbat apalagi saat malam hari sebelum tidur - Saya mudah sekali bersin dan berkali-kali - Saya menjadi kurang bisa mencium aroma - Tenggorokan saya selalu sakit apabila bangun tidur. Apakah saya terkena Polip ya dok ??? Mohon bantuannya dok untuk mengatasi dan mencegah nya kembali Thanks

Rhinitis Alergi Boleh Berenang

Info penanya: pria, 17 Tahun

Selamat pagi dok. Maaf mau tanya, kalau penderita rhinitis alergi dingin apakah boleh untuk berenang? Seberapa sering yang diperbolehkan dan kapan waktu terbaik? Terimakasih dok..

Hidung Gatal, Bersin-bersin dan Mata Gatal

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Kenapa ya dok hari hari ini aku keseringan gatal hidung, bersin berkali kali, trus mata saya juga sering gatel sampe sampe aku gacak trus jdi merah gatal nya itu gk bisa ditahan dok, sering bgt itu dok.. Knpa ya dok?

Pilek di Satu Sisi Hidung

Info penanya: pria, 27 Tahun

dok mw tanya hidung saya kenap keluar ingusnya cma yang kanan aja ya? sebelumnya saya sempat kena flu 2 mingguan lalu, tp minggu lalu flu dan batuk say uda hilang tp hidung yang kanan sampe skarng masih ngeluarin ingus.

Hidung Bau dan Berlendir

Info penanya: pria, 26 Tahun

Kenapa dok ada berbau di bagian dlm hidung dan di sertai lendir pada saat suasana dingin kyak kena ac atau kipas ?

Tumbuh Daging di Dalam Hidung

Info penanya: pria, 24 Tahun

Hallo Selamat Siang dok, Didalam hidung saya ada seperti daging tumbuh sudah sebulan ini. Terkadang di sebelah kanan dan kadang pindah ke kiri. Saya merasakan hal itu setelah saya flu selama seminggu. Kemudian daging itu tumbuh sampai sekarang. Saya tidak merasakan sakit, cuma bagian hidung yang ada daging nya terasa sedikit tersumbat saat bernafas. Saya bekerja di kantor yang AC nya sangat dingin. apa mungkin itu karna AC? soalnya setiap saya dikantor kedua hidung nya bengkak dok. Terima kasih.

Sering Bersin Karena Alergi

Info penanya: pria, 30 Tahun

dok, saya punya alergi yaitu bersin2 dan sering kumat. kalau kumat mata terasa gatal dan tidak berhenti bersin. saya sudah pergi ke dokter berkali2 tapi kalau obatnya habis,alergi itu kumat lagi. yg jadi pertanyaan,kemana sy harus berobat? apakah alergi sy ini bisa sembuh?

Gejala Rhinitis Alergi

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Dok, saya mau nanya. Kepala saya sering sakit bagian kiri atas, saya merasa terganggu. Saya sering pusing. Saya dari smp kalau dingin atau berdebu saya sering bersin bersin dan ingus saya cair, kalau sudah bersin susah berhentinya tapi kalau suda siang terkadang berhenti. Kadang juga saya terbangun kalo malam karna bersin, kalau saya bersin mata saya juga ikut gatal sekitar hidung juga gatal. Sebaiknya saya minum obat apa dok? Dan sakit kepala saya apa disebabkan karna itu?

Bersin Saat Pagi Hari

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Permisi dok, saya evelin Saya ingin bertanya Kenapa yaa setiap pagi setiap saya bangun tidur selalu memgalami bersin2 tidak kunjung sembuh kecuali udah menjelang siang apakah bisa ada obat nya ? Dan satu lagi kenapa saya selalu batuk kering ketika saya bangun pagi juga dan di sertain rasa engap susah tarik nafas panjang ? Apakah ada obat nya juga dok ? Terima kasih

Pilek di Pagi Hari

Info penanya: wanita, 16 Tahun

Halo dokter.. Umur saya 16 tahunn, dari kecil saya sudah menderita pilek hanya di pagi hari saja. Tetapi sejak beberapa bulan ini saya menderita pilek berkepanjangan, disetai bersin disaat cuaca dingin, terkena debu. Pilek saya bening. Apakah itu berbahaya dok jika dibiarkan saja?

Bau Tak Sedap Dari Hidung

Info penanya: pria, 24 Tahun

Dok, saya kan punya sesak nafas dan alergi parah pada dingin, debu dan sesuatu bau yang menyengat di hidung. kalau sudah terkena saya bisa bersin" berkali sampai hidung meler kaya orang flu tapi kalau sudah hilang alerginya ya berhenti bersin"nya. Nah, setiap saya keluar dari kamar mandi atau pas shubuh saya sering bersin" sampek meler" bahkan tidak pas shubuh saja pada waktu saya tidur dan tiba" bangun mau ke kamar mandi atau kebangun saja biasanya langsung bersin" juga. Nah, hal itu kira" mempengaruhi janin saya gak dok. Dari awal sampai akhir saya periksa kandungan saya, Alhamdulillah janin selalu sehat dan normal sudah di USG janin juga normal mulai dari lingkar kepala. air ketuban, plasenta, detak jantung, alhamdulillah semuanya normal dan sehat. Saya sedikit takut mau periksa ke dokter THT terkait hidung saya yang sangat sensitif banget dok... Mohon solusinya