Mengungkap Hubungan Tekanan Darah Tinggi dan Sakit Gigi (Monster-E./Shutterstock)
Info Sehat
Mengungkap Hubungan Tekanan Darah Tinggi dan Sakit Gigi
4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi (Natali_ploskaya/Shutterstock)
Info Sehat
4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi
3 Hal yang Bisa Memperburuk Kondisi Gigi Sensitif (Freedom Life/Shutterstock)
Info Sehat
3 Hal yang Bisa Memperburuk Kondisi Gigi Sensitif

Mengatasi Sakit Gigi Dengan Cara Diasap

Info penanya: pria, 29 Tahun

Dok, beberapa orang di sekitar tempat tinggal saya mengobati sakit gigi berlubang dengan cara mengasapinya. Sumber asapnya berasal dari biji terong duri kering yang dibakar di atas bara genteng, kemudian disiram dengan minyak goreng. Bara genteng itu diletakkan di atas tatakan yang diletakkan di atas piring yang diisi air. Susunan bara genteng, biji terong, dan minyak goreng kemudian ditutup menggunakan setengah tempurung kelapa yang dipasangi bambu bulat kecil berfungsi sebagai sedotan. Asap yang keluar dari bambu itu lalu dimasukkan ke dalam mulut sambil sesekali dihirup-keluarkan. Setelah proses itu, di dalam tempurung tampak "sesuatu" berwarna putih, diameter sekitar 0.5-1 mm dengan panjang sekitar 3-10 mm dengan jumlah bisa lebih dari 10 buah. Awalnya saya tidak percaya mengenai pengobatan metode ini, karena bakteri berukuran mikro. Tapi kemudian saya menemukan beberapa hal-hal unik, yaitu: 1. Tidak semua orang yang menggunakan metode ini dapat berhasil mengeluarkan "sesuatu" itu 2. Pada orang yang sama tapi waktu yang berbeda, dapat menghasilkan "sesuatu" itu dalam jumlah yang berbeda (bahkan bisa nol atau sampai puluhan) 3. "Sesuatu" itu kadang bisa keluar dari orang yang tidak sedang sakit gigi saat melakukan metode ini 4. Orang-orang yang berhasil mengeluarkan "sesuatu" itu, merasakan bahwa frekuensi sakit gigi menjadi berkurang bahkan beberapa menjadi sama sekali tidak pernah sakit gigi lagi 5. Tingkat panas bara genteng mempengaruhi jumlah asap yang dihasilkan, dan sangat berpengaruh terhadap jumlah "sesuatu" yang dikeluarkan. 6. Beberapa "sesuatu" itu bercabang di bagian ujungnya Saya tidak menemukan referensi yang bisa menjelaskan hal ini. Bagaimana dunia medis menjelaskan hal ini, Dok? Dan apa sebenarnya "sesuatu" itu? Terima kasih.
Anak Mengeluh Sakit Gigi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya (Justyle/Shutterstock)
Info Sehat
Anak Mengeluh Sakit Gigi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Efek Mencabut Gigi Saat Sakit Gigi

Info penanya: pria, 31 Tahun

Selamat malam dokter saya mau tanya cara mengobati badan menggigil ,,mata berair dan sedikt sesak nafas gimana ya dok ? Awal nya sakit gigi dan di saat itu juga gigi nya di cabut apa mungkin ini efek pencabutan gigi di saat sakit gigi ? Mohon penjelasan dan cara menanganinya.. Terimakasih
Anak Sakit Gigi, Ini Cara Mengatasinya (TY Lim/Shutterstock)
Info Sehat
Anak Sakit Gigi, Ini Cara Mengatasinya
Sakit Gigi Terasa Nyut-nyutan? Lakukan Ini! (aslysun/Shutterstock)
Info Sehat
Sakit Gigi Terasa Nyut-nyutan? Lakukan Ini!
Cara Atasi Masalah Gigi dan Mulut yang Sering Menyerang Kaum Milenial (Twinsterphoto/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Atasi Masalah Gigi dan Mulut yang Sering Menyerang Kaum Milenial
Efek Menempelkan Bawang Putih di Bagian Tubuh yang Sakit (Meaofoto/Shutterstock)
Info Sehat
Efek Menempelkan Bawang Putih di Bagian Tubuh yang Sakit
Bolehkah Minum Obat Sakit Gigi Saat Hamil? (Aquarius-Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Bolehkah Minum Obat Sakit Gigi Saat Hamil?
6 Fakta tentang Gigi Sensitif yang Wajib Anda Tahu (Gpointstudio/Shutterstock)
Info Sehat
6 Fakta tentang Gigi Sensitif yang Wajib Anda Tahu

Sakit Gigi Dan Kepala Akibat Kepala Terbentur

Info penanya: pria, 20 Tahun

Halo Dok saya mau tanya kemarin lusa kepala saya terbentur pintu lemari sampai berdarah. Setelah itu saya merasa pusing dibagian yang terbentur. Lalu keesokan nya timbul sakit gigi dibagian yang terbentur. Dan sakit kepala masih terasa . Apakah ini berbahaya ? Perlukah saya menemui dokter? Terimakasih

Sakit Gigi Dan Kepala Akibat Kepala Terbentur

Info penanya: pria, 20 Tahun

Halo Dok saya mau tanya kemarin lusa kepala saya terbentur pintu lemari sampai berdarah. Setelah itu saya merasa pusing dibagian yang terbentur. Lalu keesokan nya timbul sakit gigi dibagian yang terbentur. Dan sakit kepala masih terasa . Apakah ini berbahaya ? Perlukah saya menemui dokter? Terimakasih

Gigi Dan Tenggorokan Sakit Setiap Habis Makan

Info penanya: pria, 22 Tahun

Sore dok. Sya mau nanya ni klo habis makan gigi sma tenggorokan langsung sakit. Itu penyakit ap. Mohon solusi nya dok

Nyeri Sariawan Sampai Ke Gigi, Kepala, Mata Sebelah Kanan

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Dok, saya sariawan di pipi sebelah kanan tapi nyerinya sampai ke gigi, kepala dan mata sebelah kanan saja, apakah itu ada hubungannya dengan saraf??
Kenapa Gigi Ngilu Setelah Dicabut? (Vitalii Marchenko/Shutterstock)
Info Sehat
Penyebab Gigi Ngilu Setelah Dicabut?

Solusi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Info penanya: wanita, 23 Tahun

Solusi sakit gigi bumil?
Atasi Sakit Gigi dengan Cara Ini, Singkirkan Minyak Rem! (Damir-Khabirov/Shutterstock)
Info Sehat
Atasi Sakit Gigi dengan Cara Ini, Singkirkan Minyak Rem!

Sakit Gigi Depan Sebabkan Bibir Bengkak

Info penanya: wanita, 20 Tahun

Dok, saya mau bertanya Gigi depan saya nyeri sekali sehingga menyebabkan bibir bagian atas menjadi bengkak. Lalu di area hidunh dan pipi kiri serasa bengkak juga dok. Kalau di tekan rasanya sakit. Kebetulan saya menggunakan behel dok. Apakah hanya sakit gigi biasa atau bagaimana ya dok? Terimakasih
Tips Merawat Kesehatan Gigi bagi Penderita Diabetes (Kotin/Shutterstock)
Info Sehat
Tips Merawat Kesehatan Gigi bagi Penderita Diabetes
10 Kondisi Ini Rentan Terjadi Saat Anda Naik Pesawat (Atstock-Productions/Shutterstock)
Info Sehat
10 Kondisi Ini Rentan Terjadi Saat Anda Naik Pesawat

Menangani Sakit Pada Gigi Bungsu Yang Sebagian Tertutup Gusi

Info penanya: wanita, 21 Tahun

Begini dok ini mengenai Sakit gigi tapi giginya ketutupan gusi gitu dok dan setiap makan sakit kaya ke adu gt sama gigi atas bisa di cabut apa engga dan berpengaruh sama kesehatan lainnya ga? Posisi nya gigi paling ujung terimakasih dok sebelumnya

Sakit Gigi dan Hidung Tersumbat Dahak Berdarah

Info penanya: wanita, 30 Tahun

Selamat siang Dok, saya ingin bertanya, beberapa hari yg lalu saya menderita sakit gigi seri sebelah kiri, lalu saya minum po**tan..nyeri berkurang hanya tinggal linu nya saya. Lalu esok hari nya hidung saya seperti tersumbat dan mengeluarkan dahak dan di dahak tersebut ada bercak darah...kenapa yahh Dok? Terima kasih.
4 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Malas Ke Dokter Gigi (Lucky Business/Shutterstock)
Info Sehat
4 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Malas Ke Dokter Gigi
Benarkah Ibu Hamil Lebih Rentan Sakit Gigi? (Hedgehog94/Shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Ibu Hamil Lebih Rentan Sakit Gigi?
Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala? (F8 Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?
Mengatasi Gusi Bengkak dengan 4 Bahan Alami dari Dapur (9nong/Shutterstock)
Info Sehat
Mengatasi Gusi Bengkak dengan 4 Bahan Alami dari Dapur

Pembengkakan Pada Rahang

Info penanya: pria, 18 Tahun

Dok... bagaimana cara menyembuhkan pembengkakan di rahang... awalnya saya merasakan sakit gigi selama beberapa hari... setelah sembuh malah rahang saya membengkak tetapi tidak terlalu besar. namun saya tidak merasakan sakit pada pembengkakan ini hanya saya risih saja pada saat mengunyah dll. sudah 3 hari pembengkakan ini berlangsung. Bagaimana cara mengatasinya Dok?
Awas, Bakteri di Gigi Bisa Turunkan Kualitas Sperma! (Vchal/Shutterstock)
Info Sehat
Awas, Bakteri di Gigi Bisa Turunkan Kualitas Sperma!

Sakit gigi

Info penanya: pria, 19 Tahun

Gigi saya nyeri,tapi kalau ada air di dalam mulut,nyerinya hilang,kalau airnya hilang/habis,nyeri kembali datang,itu bagaimana dok? nyerinya sangat mengganggu karna bikin telinga sama kepala menjadi sakit
5 Rempah Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan (Bukhta Ihor/Shutterstock)
Info Sehat
5 Rempah Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan
Adakah Hubungan antara Sakit Gigi dan Diabetes? (G-stockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Adakah Hubungan antara Sakit Gigi dan Diabetes?

Sakit Gigi Saat Hamil

Info penanya: pria, 27 Tahun

Selamat malam dok saya mau tanya, istri saya lagi hamil 14 minggu udah 2 minggu ini dia ngeluh sakit gigi, kita udah berobat terus di kasih antibiotik sama paracetamol, tapi baru dia minum, obat nya langsung keluar lagi, belum ada satu menit pun di perut dia, apa dia harus minum obat lagi dok??
Tips Aman Naik Pesawat Saat Sakit Gigi (Leung Cho Pan/123rf)
Info Sehat
Tips Aman Naik Pesawat Saat Sakit Gigi

Sakit Gigi

Info penanya: pria, 33 Tahun

halo dokter saya ini pencinta kopi, minum dan makanan yang manis. saya sakit gigi sudah lama sekali sekitar 8 tahun yang lalu, saat itu gigi saya berlubang dan ditambal oleh dokter gigi. Namun sekarang gigi saya sakit ditempat yang sama bahkan sakitnya sampai ke gigi sebelahnya dan parahnya lagi saya merasakan semua linu pada gigi saya. Saya takut dok, apa yang harus saya lakukan?? saya juga punya 2 orang teman yang meningal, katanya sih akibat cabut gigi... jadi tambah takut dok.... (apa bisa begitu y dok??)
Atasi Bruxism pada Bayi Dengan 4 Cara Ini (Africa Studio/Shutterstock)
Info Sehat
Atasi Bruxism pada Bayi Dengan 4 Cara Ini

Sakit Gigi

Info penanya: pria, 23 Tahun

dok, sela-sela gigi seri bagian bawah saya sering terasa ngilu seperti ada yg mengganjal. padahal sudah sikat gigi, saya bersihkan dengan dental floss & pakai cairan pembersih mulut tp tidak ada efeknya. kenapa ya?

Sakit Di Bagian Mulut

Info penanya: pria, 24 Tahun

Halo dok saya mau tanya . Masalah mulut ,,begini jadi saya sudah 2 blanan suka sakit mulut dalam ,dan kalo bangun tidur suka nyeri , dan saya lihat mulut bagian dalam dekat gigi Graham bawah seperti sariawan warna putih dan bolong ,apa itu sariawan atau apa ,,atau ngaruh dari tumbuh nya gigi bungsu , Sampai sekarang masih merasakan dok , Tolong di jawab . makasih dok '
Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi (G-stockstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi
Pentingnya Fluoride untuk Gigi Sensitif (Lana K/Shutterstock)
Info Sehat
Pentingnya Fluoride untuk Gigi Sensitif
Sering Sariawan, Haruskah Khawatir? (P_saranya/Shutterstock)
Info Sehat
Sering Sariawan, Haruskah Khawatir?
5 Penyebab Gigi Ngilu Terus-menerus (Nattakorn_Maneerat/Shutterstock)
Info Sehat
5 Penyebab Gigi Ngilu Terus-menerus

Sakit Gigi Hingga Sakit Kepala

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Malam dok. . Sudah 3 bulan ini saya sakit gigi.. sakitnya disertai sakit kepala sebelah belakang dan diatas bagian telinga, bibir kering perih dan kadang berdarah serta gusi pun sering tiba-ti koba berdarah, disaat berdenyut tiba-tiba datang sering mata pun ikut memerah, dan pada malam hari susah buat tidur sehingga mengganggu waktu istirahat saya dok karena disertai demam, sudah cek kedokteran diberi obat tapi hanya mengurangi nyeri dan hanya berlaku 2-3 jam setelah itu sakit lagi dok,. . Mohon solusinya dan bahaya nggak itu,?, Makasih

Sakit Gigi Hingga Sakit Kepala

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Malam dok. . Sudah 3 bulan ini saya sakit gigi.. sakitnya disertai sakit kepala sebelah belakang dan diatas bagian telinga, bibir kering perih dan kadang berdarah serta gusi pun sering tiba-tiba berdarah, disaat berdenyut tiba-tiba datang sering mata pun ikut memerah, dan pada malam hari susah buat tidur sehingga mengganggu waktu istirahat saya dok karena disertai demam, sudah cek kedokteran diberi obat tapi hanya mengurangi nyeri dan hanya berlaku 2-3 jam setelah itu sakit lagi dok,. . Mohon solusinya dan bahaya nggak itu,?, Makasih

Sakit Gigi Hingga Sakit Kepala

Info penanya: wanita, 19 Tahun

Siang dok. . Sudah hampir 3 bulan ini saya sakit gigi.. sakit giginya itu sampe ke kepala, telinga pun ikut sakit, bibir kering perih dan gusi sering tiba-tiba berdarah, tiap malam sakitnya kambuh sehingga mengganggu waktu istirahat saya dok. Juga mata pun ikut memerah ketika pas sakit serta disertai demam dok.. sudah ke dokter tapi masih sakit dan obatnya hanya mengurangi rasa nyerinya saja dok. bagaimana solusinya?
Apa Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk? (Roman Samborskyi/Shutterstock)
Info Sehat
Apa Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk?
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Obat Sakit Gigi? (gpointstudio/Shutterstock)
Info Sehat
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Obat Sakit Gigi?
Sakit Gigi Saat Hamil, Apa Efeknya bagi Janin? (Elnur/Shutterstock)
Info Sehat
Sakit Gigi Saat Hamil, Apa Efeknya bagi Janin?

Sakit Gigi Hingga Sakit Kepala

Info penanya: pria, 17 Tahun

hai dok, sebulan yang lalu saya mengalami 'sakit gigi', tapi sampai skrg belum sembuh. saya alami di gigi geraham jadi saya sulit untuk menyantap makanan. saya merasa gusi saya baik baik saja ketika tidak ada lagi bengkaknya. tapi ketika saya sedang menyantap makanan dan menggigit dengan geraham tsb, gigi saya kembali sakit dan gusi saya bengkak lagi, hal ini terjadi sampai skrg. seringkali sakitnya membuat saya migrain (entah karena kesibukan sekolah dan jarang makan atau karena sakit giginya). saya pernah minum obat dari puskesmas tapi hasilnya nihil, makanya saya berhenti berobat. tolong dok, penjelasannya. terima kasih banyak.
Benarkah Penderita Diabetes Mellitus Gampang Sakit Gigi? (N U S A R A/Shutterstock)
Info Sehat
Benarkah Penderita Diabetes Mellitus Gampang Sakit Gigi?

Gusi Bengkak Dan Sakit Gigi

Info penanya: wanita, 25 Tahun

Pagi dok, mw tanya ini saya sakit gigi sudah 2 bulan lebih dok awalnya gusi berdarah sampai sakit gigi yang tak tertahan, ini sekarang gusi masih bengkak dok, sudah berobat minum obat juga udh ga terhitung, ini gusi bengkak lama karna apa ya dok?

Proses Mematikan Saraf Gigi

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Selamat malam. Dok saya mau tanya. Tadi siang saya habis melakukan perawatan gigi . Dokter mengatakan akan mematikan saraf gigi saya . Setelah saraf saya dimatikan saya langsung mengalami efek sampingnua yaitu rasa sakit akibat mematikan saraf gigi saya. Yg ingin sy tanyakan, Apakah jika kita sudah mengalami rasa sakit di siang hari kita juga akan merasakannya di malam hari dok ? Karna artikel yang saya baca rasa sakit dari mematikan saraf gigi itu biasanya dirasakan pada malam hari. Sekian dan Terimakasih dok.
Jangan Sepelekan, Sakit Gigi Bisa Picu Penyakit Jantung (Emily Frost/Shutterstock)
Info Sehat
Jangan Sepelekan, Sakit Gigi Bisa Picu Penyakit Jantung
Demam Saat Sakit Gigi, Pertanda Apa? (Maya Kruchankova/Shutterstock)
Info Sehat
Demam Saat Sakit Gigi, Pertanda Apa?
Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)
Info Sehat
Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja!

Sakit Gigi Menjalar Sampai Benjolan Di Leher

Info penanya: wanita, 22 Tahun

Dok saya mau tanya saya kan ada benjolan di leher, udah lama sih tp gak pernah sakit benjolan nya juga cukup besar tp sekarang saya sering sakit gigi dan menjalar sakit ke benjolan yang ada di leher, kalau saya mau berobat saya harus nemuin dokter apa? Dokter gigi apa dokter apa ya...?

Geraham Tumbuh Diluar Barisan Dan Sakit

Info penanya: wanita, 35 Tahun

dok saya mau tanya. anak saya gigi geraham tumbuh tapi tidak di barisan gigi tumbuhya di atas bisa di bilang di daging atasnya .rasanya sakit katanya apa itu aman dok
Ini Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif (olga Miltsova/Shutterstock)
Info Sehat
Ini Kandungan Pasta Gigi yang Ampuh untuk Gigi Sensitif
Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi (Jon Schulte/Shutterstock)
Info Sehat
Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi