6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak, Apa Saja?
searchtext customer service

Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Tahukah Anda, temulawak juga menjadi herbal yang dapat menyehatkan si kecil? Ketahui di sini segala kebaikan temulawak untuk anak.
Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Temulawak yang tumbuh subur di Indonesia memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, tak terkecuali anak-anak. Manfaat temulawak untuk anak cukup beragam, mulai dari mengatasi keluhan pada perut hingga mencegah penyakit kronis. 

Temulawak memiliki kandungan aktif curcumin. Sebagai zat aktif, curcumin adalah antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan molekul-molekul yang tidak stabil bernama radikal bebas.

Curcumin juga menurunkan kadar beberapa enzim di dalam tubuh yang menyebabkan peradangan (inflamasi). 

Berikut ini beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan anak:

1 dari 7

1. Mengatasi Dispepsia

Mengatasi Dispepsia
loading

Khasiat temulawak untuk anak yang pertama adalah membantu mengatasi dyspepsia. Dispepsia adalah kondisi tidak nyaman di perut akibat gangguan saluran pencernaan, utamanya di lambung.

Curcumin menstimulasi kandung empedu untuk lebih produktif. Kandungan ini dapat membantu mengatasi gejala kembung dan melancarkan proses pencernaan anak.

Artikel lainnya: Krim Temulawak, Cari Tahu Manfaat dan Bahayanya

2 dari 7

2. Mencegah Kanker

loading

Penelitian pada hewan menunjukkan, curcumin dapat mencegah beberapa tipe kanker, termasuk prostat, payudara, kulit, dan usus besar. Efek tersebut mungkin dapat dicapai karena curcumin merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan. 

Namun, diperlukan penelitian yang lebih jauh mengenai manfaat temulawak tersebut. Kanker sebaiknya tetap ditangani dengan terapi konvensional dari dokter. 

Bagi kesehatan anak, khasiat temulawak sangatlah bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh guna mendukung tumbuh kembangnya.

3 dari 7

3. Mengobati Infeksi Bakteri dan Virus

Mengobati Infeksi Bakteri dan Virus
loading

Penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan, curcumin dapat membunuh bakteri dan virus. Namun, para peneliti belum dapat membuktikan efek yang sama pada manusia. 

Pada masa pertumbuhan, anak lebih rentan mengalami infeksi bakteri dan virus akibat sistem imun yang belum maksimal. Proses infeksi tersebut berpotensi mengganggu kelancaran dan optimalisasi pertumbuhan anak. 

Curcumin membantu menekan angka risiko infeksi, sehingga mendukung kelancaran proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Artikel lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Minum Temulawak?

4 dari 7

4. Meredakan Uveitis

loading

Sebuah penelitian menunjukkan, curcumin dapat membantu menangani uveitis, yaitu sebuah peradangan pada mata. 

Penelitian itu melibatkan 32 orang dengan uveitis kronik anterior. Curcumin dinilai memiliki efektivitas yang sama dengan kortikosteroid yang biasa diberikan. 

Pertumbuhan anak akan lebih optimal bila terhindar dari kondisi uveitis. Konsumsi temulawak sesuai anjuran dokter dapat meredakan peradangan pada tubuh anak.

5 dari 7

5. Meredakan Gangguan Pernapasan

Meredakan Gangguan Pernapasan
loading

Temulawak mengandung banyak magnesium dan kalium yang dapat berperan untuk menjaga hidrasi tubuh dan kesehatan sistem pernapasan, utamanya di musim pancaroba. Temulawak juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat.

Sebuah penelitian menunjukkan, minyak esensial temulawak dapat mencegah terjadinya pembentukan dahak di saluran pernapasan. Maka, tak heran jika beberapa obat untuk melegakan saluran pernapasan anak biasa mengandung temulawak.

Artikel lainnya: Bolehkah Bayi Minum Jamu Temulawak?

6 dari 7

6. Meningkatkan Sistem Imun

loading

Selain dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan di atas, temulawak juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun anak. 

Kadar antioksidan yang tinggi pada temulawak sangat penting untuk menjaga sel-sel imun di dalam tubuh dari racun dan radikal bebas. Selain itu, temulawak juga mempertahankan kadar sel darah putih anak yang penting untuk sistem pertahanan tubuh.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk anak. Mulai sekarang, jangan ragu untuk memberikan temulawak kepada anak. Namun, Anda disarankan untuk tanya dokter anak terlebih dahulu agar asupannya disesuaikan dengan kondisi si kecil, ya.

Baca Juga

Download aplikasi KlikDokter, dapatkan beragam tips kesehatan anak untuk dukung tumbuh kembangnya yang sehat!

(FR/JKT)

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat