Sperma Cair, Inilah Sebabnya

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 11 Nov 2014, 16:23 WIB
Apakah cairan semen saya terlalu cair? Atau terlalu kental? Mungkin pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang kerap timbul pada benak Anda. Disini ada penjelasannya bersama dr. Alvin Nursalim.
Sperma Cair, Inilah Sebabnya

KlikDokter.com - Cairan sperma atau semen harus memiliki kekentalan yang tepat untuk dapat berfungsi dengan baik. Apakah cairan semen saya terlalu cair? Atau terlalu kental? Mungkin pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang kerap timbul pada benak Anda. Banyak pria yang bertanya bagaimana konsistensi cairan semen yang baik. Yuk, kita simak konsistensi cairan semen yang baik.

Konsistensi semen yang baik

Konsistensi semen pada umumnya kental dan dapat diregangkan. Derajat kekentalan (viskositas) sperma seharusnya memiliki nilai +1 padaskala +1 sampai +4. Apabila cairan semen terlalu kental maka sel sperma akan kesulitan untuk bergerak. Konsistensi semen juga dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya keseringan pengeluaran sperma. Semakin sering frekuensi ejakulasi, maka semakin cair sperma seseorang. Jadi, bukan berarti cairan semen yang encer menandakan sperma yang buruk.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengetahui kualitas sperma secara objektif adalah dengan melakukan analisis sperma. Analisis sperma akan memberikan informasi tentang jumlah sperma yang terkandung pada cairan semen, bentuk sperma dan pergerakan sperma. Kualitas sperma juga dipengaruhi oleh berbagai hal seperti makanan yang Anda konsumsi, stres, obesitas, merokok dan penggunaan obat.

1 of 2

Meningkatkan Kualitas Sperma

Banyak pria yang bertanya bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas sperma. Jika Anda menginginkan peningkatan jumlah sperma yang maksimal maka dapat menghentikan ejakulasi (abstinen) selama 48 jam. Hal ini disebabkan tubuh memerlukan waktu minimum selama 48 jam untuk mengembalikan jumlah sperma kepada jumlah normal.

Selainitu, terdapat prinsip umum untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik. Konsumsilah makanan yang bergizi dengan kandungan folat dan zinc yang cukup. Makanan kaya zinc dapat ditemukan pada daging sapi, yogurt dankacang-kacangan. Sedangkan makanan kaya folat dapat ditemukan pada asparagus, alpukat, dan jeruk. Tak lupa olahraga teratur merupakan cara yang baik untuk meningkatkan stamina tubuh yang tentu berpengaruh pada kualitas sperma. Sebuah penelitian meyimpulkan bahwa pria yang berolahraga teratur memiliki konsentrasi sperma yang paling banyak.

Lanjutkan Membaca ↓
Mz GhelsMz Ghels

Dok. apakah sperma putih bening bisa menyebabkan kehamilan.

Efori NdruruEfori Ndruru

Saya mau tanya dok apa saya bisa memiliki keturunan karna zakat saya besar sebelah kanan