Mengenal Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Sebagai indra pendengar, telinga berperan sangat vital bagi kehidupan manusia. Kenali lebih dalam bagian-bagian serta fungsinya di sini.
Mengenal Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

KlikDokter.com - Telinga merupakan organ yang berfungsi terhadap pendengaran akan suara atau bunyi. Menjadi indera pendengar yang membantu manusia untuk berorientasi pada lingkungan sekitarnya.

Telinga dapat menerima suara atau bunyi dikarenakan telinga memiliki reseptor khusus untuk mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20 Hz hingga 20000 Hz. Bayangkan jika pendengaran Anda terganggu, tentu akan sangat mengganggu interaksi anda bersama orang sekitar.

Sebaiknya Anda paham mengenai fungsi anatomi telinga. Dari pembagian anatomi telinga, terdapat 3 bagian mendasar, yaitu:

  • Telinga luar
  • Telinga tengah
  • Telinga dalam

Artikel Lainnya: Cara Efektif Mencegah Infeksi Telinga

Masing-masing bagian anatomi telinga memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian telingan dan fungsi bagian telinga:

1 dari 4

Bagian Telinga Luar

Bagian Telinga Luar
loading

Telinga luar terdiri dari daun telinga, liang telinga, dan gendang telinga. Fungsi dari daun telinga adalah untuk membantu mengarahkan suara masuk ke dalam liang telinga dan diteruskan menuju gendang telinga.

Sehingga fungsi dari telinga luar yaitu untuk menangkap suara melalui liang telinga dan juga untuk melindungi gendang telinga. Liang telinga dilapisi oleh kulit berambut halus dan dilengkapi dengan kelenjar keringat untuk menjaga agar benda asing tidak masuk lebih dalam.

Artikel Lainnya: Telinga, Haruskah Dibersihkan Setiap Hari?

2 dari 4

Bagian Telinga Tengah

Bagian Telinga Tengah
loading

Telinga tengah terletak antara telinga luar dan telinga dalam yang terdiri dari tiga buah tulang pendengaran dan saluran eustachius. Suara yang disalurkan oleh gendang telinga akan diteruskan ke tulang pendengaran.

Ketiga tulang pendengaran tersebut di antaranya adalah tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sanggurdi (stapes). Ketiga tulang pendengaran tersebut akan saling meneruskan getaran yang diterima dari gendang telinga.

Setelah sampai di tulang sanggurdi, getaran akan diteruskan ke rumah siput (koklea). Sedangkan saluran eustachius berfungsi untuk memasukkan udara ke bagian tengah dan menyeimbangkan tekanan udara di gendang telinga dengan tekanan udara luar. Saluran eustachius ini akan membuka pada waktu mengunyah, menguap, bersin, menelan, atau membuka mulut.

Artikel Lainnya: 4 Gangguan Telinga yang Paling Sering Terjadi

3 dari 4

Bagian Telinga Dalam

Bagian Telinga Dalam
loading

Telinga dalam adalah bagian terdalam dari telinga, bagian dalam telinga ini terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Rumah siput yang berfungsi untuk mengarahkan getaran suara ke impuls listrik, saluran berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan
  • Saraf auditori yang berfungsi untuk meneruskan impuls listrik dari saraf ke jaringan otak.
Baca Juga

Demikianlah penjelasan mengenai anatomi telinga beserta fungsi dari bagian-bagian telinga. Jika Anda memiliki kendala kesehatan, terutama kesehatan telinga, hidung, tenggorokan atau THT, Anda bisa segera download Aplikasi Klikdokter lalu nikmati layanan konsultasi bersama dokter spesialis.

 

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
pendi
4 Hari Lalu

dok ganguan kokle(rumah siput)ap bisa disembuhkan dgn ob yg tebokan dan mecobalamin

Avatar
wien caecilia
4 Bulan Lalu

apa penyebab telinga berdarah?

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk