4 Kiat Menjaga Kesehatan Hidung

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 26 May 2015, 21:21 WIB
Kesehatan hidung tidak boleh luput dari perhatian. Karena bila hidung bermasalah, aktivitas sehari-hari pun bisa terhambat.
4 Kiat Menjaga Kesehatan Hidung

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Kita tidak dapat hidup tanpa bernapas, dan hidung merupakan organ yang penting untuk aktivitas tersebut. Oleh karena itu, menjaga kesehatan hidung adalah hal yang sangat penting. Sebab jika hidung bermasalah, akitivitas pemasukan oksigen dari udara bebas ke dalam paru-paru dapat terganggu. Selain itu, hidung juga tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai indra penciuman dengan baik, yang tentunya dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Sebagai organ yang langsung berhadapan dengan lingkungan luar, hidung dilengkapi dengan “persenjataan” seperti rambut halus di hidung dan lendir untuk menangkap dan mengusir debu, polusi, maupun kuman. Tak hanya itu, hidung juga berfungsi melembapkan dan mengatur temperatur udara yang dihirup ke dalam saluran pernapasan.

Namun demikian, mekanisme tersebut dapat terganggu oleh hidung tersumbat, kering, penumpukan kotoran hidung yang mengering, dan mimisan. Hal ini dapat menghambat aktivitas, indra penciuman, dan tidur seseorang. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kesehatan hidung penting untuk mencegah hal tersebut.

Bagaimana cara menjaga kesehatan hidung? Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut ini di halaman selanjutnya:

1 of 2

4 Kiat Menjaga Kesehatan Hidung

Afrin Semprot Hidung

Bagaimana cara menjaga kesehatan hidung? Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut ini:

Air Garam

Bersihkan rongga hidung dengan air garam/saline. Meskipun sebenarnya larutan ini dapat Anda buat sendiri di rumah, terkadang agak sulit untuk mendapatkan konsentrasi yang tepat. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat membeli air garam ini di apotek. Bersihkan hidung setiap hari dengan menyemprotkan larutan ini beberapa kali dalam sehari.

Membersihkan hidung dengan air garam dapat membantu mengurangi keluhan akibat alergi, infeksi, sinusitis, hidung tersumbat, dan mengorok.

Saline tidak mengandung obat dan tidak menyebabkan ketergantungan, sehingga Anda bebas menggunakannya sesering yang Anda inginkan. Walau demikian, bagi sebagian orang mungkin pemakaian semprotan saline ini dapat menimbulkan sedikit ketidaknyamanan, seperti sedikit rasa geli atau panas di hidung.

Untuk menjaga agar kotoran dan kuman tidak kembali lagi ke dalam hidung, bersihkanlah ujung semprotan air garam sebelum dan sesudah pemakaian. Semprotan ini juga dimaksudkan untuk penggunaan pribadi.

Anda perlu membedakan semprotan hidung yang berisi air garam dengan produk yang mengandung dekongestan. Karena dekongestan merupakan obat yang memiliki dosis dan aturan pakai. Pemakaian yang berlebihan dan terlalu lama dikhawatirkan malah akan menyebabkan efek samping.

Pelembap Udara

Jika Anda merasa hidung sering kering dan mimisan, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan penggunaan pelembap udara (air humidifier) di rumah, terutama kamar tidur. Namun Anda harus menjaga kebersihan dari alat ini, karena jika tidak dibersihkan dan dikeringkan dengan baik, lumut dapat tumbuh pada alat air humidifier tersebut.

Manipulasi Hidung

Hindari manipulasi hidung berlebihan yang dapat menimbulkan trauma. Terlalu sering menggosok hidung, mengeluarkan lendir terlalu keras, dan mengorek hidung dikhawatirkan akan membuat hidung terluka dan rentan terhadap infeksi.

Hindari Polusi

Sebisa mungkin hindari menghirup polusi seperti debu, asap rokok, dan asap kendaraan bermotor. Anda juga dapat menggunakan masker untuk meminimalkan paparan polusi tersebut. 

Lanjutkan Membaca ↓