10 Kiat Penanganan Flu di Rumah

Oleh dr. Nadia Octavia pada 26 May 2015, 21:33 WIB
Dengan penanganan yang tepat, Anda bisa mengatasi flu yang mengganggu tanpa harus pergi ke dokter. Bagaimana caranya?
10 Kiat Penanganan Flu di Rumah

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com – Flu yang tidak kunjung sembuh tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah 10 kiat untuk mengusir flu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Minum Teh Hangat dengan Madu

Saat Anda sedang flu, perbanyak konsumsi cairan terutama yang hangat. Teh dapat membantu meredakan tenggorokan. Tambahkan madu yang kaya akan antioksidan dan perasaan jeruk lemon sebagai tambahan vitamin C. 

2. Minum Jus Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meredakan flu dan berfungsi sebagai dekongestan alami. Sumber vitamin C lainnya bisa didapatkan dari stroberi, tomat, dan brokoli.

3. Makan Sup

Makan sup ayam hangat dapat membantu meredakan gejala flu. Terlebih jika disajikan hangat, uapnya akan melegakan hidung yang tersumbat.

4. Menghirup Uap Hangat

Anda bisa mengisi baskom dengan air panas dan menambahkan 2 sdt jahe yang sudah dipotong-potong. Cobalah untuk menghirupnya agar meredakan gejala flu. Selain itu, cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak mint ke dalam baskom air panas tersebut.  

5. Mandi atau Berendam Air Hangat

Sewaktu Anda mandi dengan air hangat, tutup jendela dan pintu kamar mandi Anda. Ruangan kamar mandi yang hangat, ibarat sauna pribadi, akan membantu membuka jalan napas dan meredakan gejala flu.

Berikut di halaman selanjutnya beberapa kiat lainnya untuk cara mengatasi pilek tanpa ke dokter:

1 of 2

10 Kiat Penanganan Flu di Rumah

 

Afrin Semprot Hidung

6. Tingkatkan Asupan Cairan

Usahakan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Cairan yang cukup akan menjaga sistem pernapasan tetap terhidrasi dan membantu mengencerkan lendir di saluran pernafasan. Namun hindari kopi atau minuman beralkohol untuk mencegah dehidrasi.

7. Istirahat yang Cukup

Jangan terlalu memforsir diri Anda untuk melakukan aktivitas saat sedang sakit. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sitem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

8. Tambahkan Bumbu pada Makanan

Paprika merah merupakan sumber capsaicin yang baik, yaitu antioksidan yang dapat berfungsi sebagai dekongestan dan pengencer dahak alami. Sedangkan jahe juga memiliki sifat seperti antioksidan, antiperadangan, dan merangsang pembentukan interferon yang berfungsi untuk melawan infeksi.

9. Gunakan Kompres Hangat

Lakukan kompres hangat pada dahi dan hidung dengan menggunakan handuk hangat untuk meredakan nyeri kepala atau nyeri pada daerah sinus.

10. Gunakan Semprot Hidung Dekongestan

Untuk melegakan hidung yang tersumbat dan saluran napas membengkak, Anda dapat menggunakan semprot hidung dekongestan yang dijual di pasaran. Namun sebaiknya stop penggunaannya setelah tiga hari untuk mencegah rebound congestion (pembengkakan menjadi lebih parah setelah berhenti menggunakan semprot hidung dekongestan tersebut). 

Lanjutkan Membaca ↓