Arti Warna pada Lendir Hidung

Oleh dr. Anita Amalia Sari pada 26 May 2015, 21:54 WIB
Warna lendir hidung bukanlah patokan yang digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit. Namun, hal tersebut dapat membantu untuk mengetahui kejadian yang sedang terjadi di dalam rongga.
Arti Warna pada Lendir Hidung

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Selain hidung tersumbat, keluhan lain yang dapat muncul saat pilek adalah keluarnya lendir dari rongga hidung. Terkadang ada yang encer, ada yang pekat, ada yang benin,  dan ada pula yang berwarna kehijauan. Lendir yang terlalu kental tak jarang menyumbat aliran udara ke rongga hidung, sehingga bernapas pun menjadi tidak nyaman. Ada juga yang merasakan lendir jatuh dari rongga hidung ke tenggorokan. Sebenarnya apakah lendir itu?

Setiap orang memiliki lendir di dalam tubuhnya. Kebanyakan orang pasti akan merasa kesal jika lendir keluar terus-menerus saat sedang pilek atau mengalami sinusitis. Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya lendir memiliki manfaat bagi tubuh.

Lendir sangat penting bagi tubuh manusia.  Jaringan yang memproduksi lendir berada di rongga mulut, hidung, sinus, tenggorokan, paru-paru, dan saluran cerna. Lendir berfungsi sebagai selimut pengaman yang melapisi jaringan tersebut, mencegah jaringan di bawahnya menjadi kering. Selain itu, lendir membantu menjaga saluran napas dengan menangkap substansi yang tidak diinginkan tubuh seperti kotoran, debu, dan bakteri saat bernapas.

Lendir bersifat tebal dan lengket. Kekentalannya itulah yang membuatnya dapat memerangkap bakteri dan lain sebagainya. Lendir mengandung antibodi yang membantu tubuh mengenali benda asing seperti bakteri, virus, enzim yang dapat membunuh bakteri dan virus, protein, dan sel-sel lainnya.

Infeksi saluran napas, selesma, infeksi sinus, alergi, merokok, dan pengaruh lingkungan seperti lingkungan yang kering dapat memicu perubahan lendir pada saluran pernapasan.

Normalnya, tubuh akan memproduksi 1-1,5 liter lendir setiap harinya. Dengan sifatnya yang encer, sebagian besar lendir akan tertelan dan menuju saluran pencernaan tanpa disadari. Biasanya seseorang akan menyadari adanya lendir bukan akibat produksinya yang berlebih, namun akibat konsistensinya yang berubah. Alergi dan iritasi pada saluran napas dapat membuat produksi lendir bertambah.

Lalu apa arti warna lendir di hidung? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya:

1 of 2

Arti Warna pada Lendir Hidung

Afrin Semprot Hidung

Apa arti warna pada lendir hidung?

Setiap orang pasti pernah mengalami lendir hidung, mulai yang berwarna bening, kuning, kehijauan, bahkan ada yang pernah mengalami lendir berwarna merah atau kecoklatan. Warna lendir hidung bukanlah patokan yang digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit. Namun, hal tersebut dapat membantu untuk mengetahui kejadian yang sedang terjadi di dalam rongga hidung.

Banyak yang berpikir bahwa lendir yang berwarna kuning atau hijau merupakan pertanda adanya infeksi bakteri. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena lendir hidung yang berwarna kuning atau hijau pun dapat terjadi pada infeksi virus.

Berikut adalah berbagai warna lendir hidung dan maknanya:

1. Bening                       

Ini adalah bentuk lendir yang normal. Berisi air, protein, dan antibodi. Akan tertelan tanpa disadari.

2. Putih  

Warna putih menunjukkan adanya pembengkakan, peradangan pada jaringan di hidung yang menghambat aliran lendir sehingga menyebabkan lendir kehilangan kelembapannya dan menjadi tebal. Dapat menjadi pertanda adanya peradangan di rongga hidung atau infeksi.

3. Kuning           

Pertanda bahwa infeksi atau benda asing yang masuk ke saluran napas berkembang. Sel darah putih yang bertugas melawan benda asing, virus, dan bakteri akan mulai berdatangan.

4. Hijau  

Infeksi yang dialami oleh virus atau bakteri menjadi lebih parah karena semakin banyaknya sel darah putih yang berdatangan untuk melawan infeksi atau benda asing. Neutrophil -- salah satu bagian dari sel darah putih -- mengandung enzim yang berwarna kehijauan, sehingga bila dalam jumlah banyak dapat menyebabkan lendir menjadi kehijauan.

5. Merah           

Warna merah merupakan pertanda adanya kerusakan pada jaringan di rongga hidung yang menyebabkan perdarahan.

6. Cokelat          

Warna cokelat bisa menjadi pertanda darah, namun dapat pula berasal dari sesuatu yang dihirup oleh hidung seperti kotoran.

Nah, jadi jangan langsung terburu-buru mengonsumsi antibiotik bila mendapati gejala lendir berwarna kuning atau hijau, karena bisa saja disebabkan oleh infeksi virus. Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda terlebih dahulu kepada dokter agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Lanjutkan Membaca ↓
Vita ZahraVita Zahra

dok klo lerdir berwarana hijau peka pertada apa ya dok

asfauziah30asfauziah30

Kalau bau

asfauziah30asfauziah30

Bau