Pernahkah Anda Mengalami Alergi di Hidung?

Oleh dr. Melyarna Putri pada 26 May 2015, 22:28 WIB
Meski alergi di hidung tidak mengancam jiwa, namun penyakit ini bisa sangat mengganggu dan menurunkan kualitas kehidupan.
Pernahkah Anda Mengalami Alergi di Hidung?

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Alergi di hidung atau dalam dunia medis disebut dengan rinitis alergi merupakan salah satu gejala alergi yang menimbulkan keluhan pada hidung, ditandai dengan peradangan pada mukosa hidung yang diperantarai reaksi imunologi.

Gejala dan tanda rinitis alergi antara lain:

  • Rasa gatal di hidung dan mata.
  • Bersin berulang-ulang.
  • Cairan hidung (ingus) encer.
  • Hidung tersumbat.
  • Bernapas melalui mulut.

Hidung tersumbat dapat terjadi pada kedua hidung, satu hidung, atau bergantian. Gejala bernapas melalui mulut sering terjadi pada malam hari yang dapat menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, dan sering merasa kelelahan pada siang hari. 

Lebih jauh mengenai rinitis alergi di halaman selanjutnya:

1 of 2

Pernahkah Anda Mengalami Alergi di Hidung?

Afrin Semprot Hidung

Rinitis alergi terjadi pada sekitar 40% populasi penduduk dunia. Gejala rinitis alergi meningkat dalam dua dekade terakhir pada negara berkembang. Pada sebagian besar anak dengan asma juga memiliki rinitis alergi, begitu pula sebaliknya (10-40% pasien dengan rinitis memiliki asma).

Keluhan rihitis alergi dapat muncul apabila terdapat faktor pencetus. Faktor pencetus yang dapat menimbulkan keluhan rinitis alergi dapat berbeda-beda pada setiap orang. Menurut Zhang L dan Zhang Y, faktor pencetus yang paling sering menimbulkan gejala yaitu tungau debu rumah, bulu binatang, dan spora jamur.

Keluhan rinitis alergi dapat ringan sampai dengan berat. Keluhan ringan artinya gejala rinitis alergi tidak mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari, misalnya memiliki pola tidur yang normal. Berbeda dengan rinitis ringan, gejala rinitis alergi berat dapat mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari.

Meski alergi hidung atau rinitis alergi ini tidak mengancam jiwa, namun penyakit ini bisa sangat mengganggu dan menurunkan kualitas kehidupan, yang berdampak pada tingginya biaya untuk mengatasinya.

Apabila Anda mengalami gejala yang berat dan mempengaruhi kualitas hidup, maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. Dokter dapat memberikan obat untuk mengontrol kekambuhan rinitis alergi Anda.

Lanjutkan Membaca ↓