3 Langkah untuk Menangkis Flu

Oleh dr. Melyarna Putri pada 26 May 2015, 22:51 WIB
Sekilas flu terkesan sepele, namun dapat membahayakan. Bahkan seperempat sampai dengan setengah juta orang di dunia meninggal karena influenza.
3 Langkah untuk Menangkis Flu

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Tahukah Anda bahwa influenza bisa membahayakan? Influenza yang biasanya menimbulkan keluhan batuk pilek ‘biasa’  ternyata bisa bergejala berat sampai dengan mengancam nyawa. Tiga sampai lima juta orang di dunia mengalami influenza dengan gejala berat. Seperempat sampai dengan setengah juta orang di dunia meninggal karena influenza.

Virus influenza sering kali menyerang manusia mulai dari tidak bergejala, gejala ringan, sampai dengan menimbulkan penyakit yang serius. Gejala yang dapat dirasakan ketika virus menyerang manusia dewasa antara lain:

  • Demam.
  • Nyeri otot.
  • Gejala sistem pernapasan seperti batuk, keluar cairan dari hidung, dan sakit tenggorokan.

Anak berusia di bawah 5 tahun memiliki risiko komplikasi terkait flu yang lebih besar. Di Amerika Serikat,  lebih dari 20.000 anak berusia di bawah 5 tahun masuk rumah sakit karena flu. Pada anak yang terkena influenza dapat dijumpai beberapa gejala lain yaitu:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Peradangan telinga tengah.

Terkesan sepele, namun dapat membahayakan. Lantas, bagaimana cara yang tepat menangani influenza? Menurut Centers for Disease Control and Prevention terdapat tiga langkah yang dapat dilakukan, yaitu selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 of 2

3 Langkah untuk Menangkis Flu

Afrin Semprot Hidung

1. Vaksinasi Influenza

Vaksinasi influenza merupakan langkah awal yang paling penting. Terbukti vaksinasi influenza dapat menurunkan angka kesakitan flu, kunjungan dokter, dan angka perawatan di rumah sakit. Vaksin ini ditujukan terutama untuk mereka yang berisiko mendapat komplikasi flu seperti memiliki riwayat asma, diabetes, pasien dengan penyakit paru-paru dan jantung, dan pasien yang berusia di atas 65 tahun.

2. Lakukan Usaha Pencegahan

Hindari berdekatan dengan orang lain yang sedang sakit. Tutup hidung dan mulut dengan menggunakan tisu ketika ingin bersin, kemudian buang bekas tisu di tempat sampah. Cuci tangan secara rutin dengan sabun dan air yang mengalir. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, sebab kuman  bisa menyebar melalui cara ini.

3. Kunjungi Dokter

Apabila Anda sedang sakit, usahakan untuk tetap beristirahat di rumah hingga demam menghilang (tanpa pemberian obat).  Hindari melakukan kontak langsung dengan orang lain selama sakit. Hal ini ditujukan agar Anda tidak menularkan penyakit kepada orang lain. Dokter akan memberikan pengobatan anjuran untuk Anda agar kesehatan Anda pulih kembali.

Lanjutkan Membaca ↓