Kenali Hidung Lebih Dekat

Oleh dr. Yadita Wira Pasra Sp. THTKL pada 27 May 2015, 09:44 WIB
Letaknya di bawah mata, namun seberapa kenal kita mengenal hidung kita? Seberapa kenal Anda mengetahui apa yang bisa menyebabkan hidung kita tersumbat? Kenali lebih jauh organ penciuman kita sendiri disini bersama dr. Yadita Wira Pasra, Sp. THT.
Kenali Hidung Lebih Dekat

Afrin Semprot Hidung

KlikDokter.com - Fungsi penciuman manusia memang berkembang kurang baik bila dibandingkan dengan mamalia golongan lain. Manusia memang tidak seperti pejantan yang mencari betinanya melalui indra penciumannya, seperti contohnya pada hewan anjing yang menelusuri jejak mengandalkan penciumannya, ataupun musang yang menghindari bahaya dengan mengganggu penciuman lawannya. Namun hidung sebagai organ penciuman masih merupakan hal penting yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Tahukah Anda?

  • Anda dapat terhindar dari bahaya karena hidung Anda berfungsi dengan baik?
  • Hidung mempengaruhi perasaan hati bahkan pekerjaan Anda?
  • Bahwa kelezatan dan keanekaragaman rasa makanan yang Anda coba, tidak hanya ditentukan oleh lidah Anda?
  • Kelaparan membuat Anda mencium bau makanan lebih baik?

Di udara bebas, terdapat lebih dari 30.000 substansi partikel pembentuk bau, dimana manusia bisa mengenali +10.000 diantaranya dan membedakan kurang lebih 200 jenis bau. Partikel bau-bauan yang berhasil melewati struktur hidung hingga sampai ke saraf penghidu, akan di teruskan ke otak dan di terjemahkan sebagai bentuk memori, sehingga kita dapat mengenali bau yang kita hirup tersebut.

Bau yang kita cium memberikan peringatan pada kita tentang bahaya seperti kebocoran gas, racun, bau-bauan tidak menyenangkan lain. Memori akan bau yang berbahaya, dan reflek untuk menghindarinya. Adalah bahaya pada orang dengan gangguan penciuman yang tinggal di rumah seorang diri dan tidak dapat mengenali bau kebocoran gas dirumahnya, tentu saja memberikan akibat fatal.

Good smell is essential: Designer parfum, koki, tobacco blenders, barista, tea merchant, adalah contoh-contoh pekerja yang mengandalkan indra penciumannya untuk menghasilkan makanan maupun produk-produk dengan kualitas baik. Apa yang terjadi jika penciuman mereka terganggu? Tentu saja produk yang dihasilkan tidak akan memberikan hasil yang memuaskan, dan bahkan terkadang menjadi jauh dari nilai baik.

Bagaimana dengan perasaan? Apakah Anda pernah merasakan perasaan nyaman dan bahagia ketika mengenali bau-bauan tertentu? Memori baik yang timbul ketika Anda mengenali aroma yang menyenangkan dan menenangkan. Atau Anda merasa terganggu dengan aroma yang tidak sedap? Proses olahan di otak terhadap partikel bau yang diterima oleh saraf penghidu menentukan reaksi keseluruhan tubuh Anda.

Gustatory olfaction: Lidah dengan indera perasanya hanya mengenali 4 macam rasa : manis, asin, asam, dan pahit. Kelezatan makanan timbul oleh aroma yang terbawa oleh hembusan udara saat kita makan atau minum dan tertangkap oleh sel pembau. Hal ini akan menimbulkan memori terhadap aroma dan rasa makanan tertentu, sehingga tak heran kadang hanya dengan mencium aromanya Anda sudah dapat membayangkan lezatnya makanan tertentu. Makanan beraroma tidak enak? Seketika selera makan Anda langsung hilang.

Phenomenon of adaptation: Seperti indra lainnya, terdapat regulasi fisiologis pada indra penciuman. Dalam keadaan lapar, seorang individu dapat mengenali bau-bauan tertentu dengan lebih baik, dibandingkan pada saat setelah makan.

Hidung juga memiliki fungsi sebagai organ pernapasan. Berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 of 2

Kenali Hidung Lebih Dekat

Afrin Semprot Hidung

Bagaimana Hidung Sebagai Organ Pernapasan?

Hidung merupakan satu-satunya jalan napas normal pada manusia. Bila anda sering melihat anak-anak yang bernapas lewat mulut, atau mungkin dewasa yang mengorok tentu saja hal itu bukan merupakan hal yang normal. Karena mulut tidak di rancang untuk mempersiapkan udara sehingga layak untuk masuk ke paru-paru. Normalnya, udara yang masuk melalui hidung akan melalui tahap penyesuaian dengan suhu tubuh, dilembabkan dan disaring sesuai kebutuhan yang dapat diterima oleh saluran napas bawah. Partikel-partikel yang membahayakan untuk hidung, akan disaring oleh rambut hidung hingga lendir yang melapisi hidung.

Bagaimana Hidung Sebagai Organ Pelindung?

Hidung sebagai organ kekebalan tubuh? Melalui 2 mekanisme spesifik dan non-spesifik hidung juga memiliki fungsi kekebalan tubuh, terhadap bahaya partikel asing yang masuk melalui udara pernapasan. Hal ini salah satunya yang menyebabkan Anda tidak dengan mudahnya terkena penyakit, walaupun Anda setiap hari beraktivitas di jalan yang penuh polusi.  Namun tentu saja karena hidung bukan satu-satunya, keseimbangan dalam tubuh diperlukan.

Bagaimana Hidung Sebagai Organ Refleks?

Selain terhadap dirinya sendiri, hidung turut mempengaruhi aturan sistem tubuh lain, mata, mulut, paru, jantung bahkan organ genital.Asma sering kambuh? Mata berair?bersin-bersin? Sesak napas? Berdebar-debar?  Gejala ini sering dikeluhkan pada orang yang memiliki keluhan pada hidung. Namun juga berlaku sebaliknya, Anda bisa merasakan keluhan di hidung namun penyebab utamanya di bagian tubuh lain. Sehingga langkah baiknya anda memeriksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami gejala- gejala yang tidak sembuh dengan pengobatan biasa. Jangan abaikan keluhan “biasa”yang berlangsung lama.

Bagaimana Pengaruh Hidung Terhadap Bicara?

Hidung mempengaruhi suara yang di hasilkan melalui fungsi resonansi. Huruf “m”, “n”, “ng” misalnya, terbentuk akibat resonansi udara melalui hidung terbuka, nasofaring dan kordinasi dengan langit-langit mulut. Bila terdapat kelainan pada hidung, perubahan suara (bindeng) bisa menjadi salah satu gejala yang Anda keluhkan.

MWB L.ID.CC.05.2015.0457

Lanjutkan Membaca ↓