Seberapa Penting Pemberian Multivitamin pada Anak?

Oleh dr. Melyarna Putri pada 05 Jun 2015, 09:37 WIB
Kebanyakan anak diberikan multivitamin jika ia mengalami susah makan. Namun, apakah pemberian multivitamin memang penting bagi pertumbuhan anak?
Seberapa Penting Pemberian Multivitamin  pada Anak?

KlikDokter.com – Saat ini, pemberian suplementasi multivitamin tengah menjamur di sekitar kita. Hal itu tidaklah mengherankan, karena pemberian multivitamin sering menjadi “solusi” cepat untuk menghadapi berbagai keluhan. Misalnya saja kondisi anak yang susah makan. Para ibu juga tidak segan meminta rekomendasi kepada dokter mengenai multivitamin anak yang bagus.

Data penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, sekitar 21% anak berusia di bawah 2 tahun dan 42% anak berusia 2-8 tahun mengonsumsi multivitamin. Lebih dari sepertiga dari total anak dan bayi di Amerika Serikat dilaporkan menggunakan suplementasi vitamin.

Penggunaan suplementasi multivitamin kebanyakan dilatar belakangi beberapa alasan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah supaya tidak sakit, dan untuk meningkatkan status kesehatan secara umum. Hanya sepertiga yang mengonsumsi suplementasi multivitamin untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Suplementasi vitamin yang paling sering digunakan adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Harga yang harus dibayar untuk multivitamin ini sering kali juga tidak murah. Pertanyaannya adalah: Seberapa penting pemberian multivitamin pada anak? Penjelasan selengkapnya di halaman beikutnya:

1 of 2

Seberapa Penting Pemberian Multivitamin pada Anak?

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Sumber multivitamin dan mineral tentu saja tidak berasal dari satu jenis makanan. Menu makanan yang bervariasi setiap harinya akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang berbeda. Pada kondisi anak yang sulit makan dan pemilih makanan, pemberian suplementasi multivitamin berperan penting.

Suplementasi multivitamin tidak memberikan dampak terhadap angka kesakitan (jumlah orang yang sakit dibandingkan dengan populasi tertentu yang sering kali merupakan kelompok yang sehat atau kelompok yang berisiko). Malah, suplementasi multivitamin akan membantu memenuhi kebutuhan harian dari setiap anak.  

Pemberian  suplementasi multivitamin juga dikatakan memiliki efek yang baik pada anak dengan austisme. Karena dapat meningkatkan beberapa zat yang penting pada perbaikan kondisi autisme, seperti metilation, glutation, sulfatin, ATP, NADH, dan NADPH.

Sebenarnya, pemenuhan kebutuhan harian vitamin dan mineral yang utama adalah dari konsumsi makanan sehari-hari. Meski demikian, pemberian multivitamin tetap penting dilakukan untuk mencegah kondisi kekurangan vitamin dan mineral, serta membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian anak.

Lanjutkan Membaca ↓