4 Pertanyaan Seputar Operasi LASIK

Oleh dr. Muhammad Anwar Irzan pada 22 Jun 2015, 12:26 WIB
Banyak orang yang sudah melakukan operasi LASIK dan merasakan manfaatnya. Sebenarnya, apa itu operasi LASIK dan bagaimana prosedurnya?
4 Pertanyaan Seputar Operasi LASIK

KlikDokter.com - LASIK (Laser-Asssited in situ Keratomileusis) merupakan sebuah prosedur medis yang menjadi penyelamat untuk membantu para pengguna kacamata.

Tingkat keberhasilan dengan teknologi ini mencapai 90% dan prosedurnya relatif singkat.

Sehingga dengan tindakan LASIK, seseorang dapat menjalankan aktivitas dengan bebas tanpa kacamata ataupun bebas lensa kontak. Tapi dengan terobosan

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering timbul mengenai operasi LASIK, selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 of 4

4 Pertanyaan Seputar Operasi LASIK

Matafres-banner-690x150px

1. Apa itu LASIK?

LASIK adalah prosedur operasi yang digunakan untuk mengoreksi pandangan pada pasien dengan gangguan mata rabun jauh, rabun dekat, atau dengan astigmatisma atau silinder.

Semua prosedur operasi yang dilakukan untuk mengoreksi kelainan mata tersebut adalah dengan mengembalikan bentuk kornea dengan manipulasi laser, sehingga pada akhirnya fokus penglihatan mata pada retina berada pada tempat yang tepat. LASIK sendiri merupakan salah satu dari beberapa teknik operasi yang digunakan.

Apa kelebihan dari operasi LASIK? Jawabannya di halaman selanjutnya.

2 of 4

4 Pertanyaan Seputar Operasi LASIK

Matafres-banner-690x150px

Apa kelebihan dari operasi LASIK?

Suatu prosedur operasi dinilai dari keberhasilannya. LASIK mampu mengoreksi gangguan penglihatan pasien sebesar 96%, dan di masa yang akan datang angka ini akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya teknologi. Penglihatan mata pasien tidak serta merta membaik sesaat setelah operasi, namun terhitung beberapa hari setelah operasi dilakukan.

Dalam prosedur ini tidak digunakan jahitan dan perban setelah prosedur selesai dilaksanakan. Setelah LASIK dilaksanakan, beberapa pasien bahkan tidak perlu menggunakan kacamatanya untuk mengoreksi penglihatan mereka.

Apa kekurangan dari operasi LASIK? Jawabannya di halaman selanjutnya.

3 of 4

4 Pertanyaan Seputar Operasi LASIK

Matafres-banner-690x150px

Apa kekurangan dari operasi LASIK?

Di samping beberapa kelebihannya yang luar biasa, LASIK memiliki kelemahan yaitu prosedur operasi yang rumit yang berisiko untuk terjadinya kerusakan penglihatan secara permanen.

Apa efek samping yang mungkin terjadi setelah operasi LASIK?

Beberapa pasien mengalami ketidaknyamanan pada area mata pada 24 hingga 48 jam setelah dilakukannya operasi. Ada beberapa efek samping lainnya, yaitu pandangan berbayang, kesulitan melihat pada malam hari, dan mata kering. Namun efek samping ini tidak terjadi pada seluruh pasien yang menggunakan operasi LASIK. 

Bagi Anda yang berencana melakukan operasi LASIK, Anda dapat menggunakan artificial tears yang bebas pengawet selama 6-12 bulan setelah operasi agar mata tetap nyaman dan lembab.

Lanjutkan Membaca ↓
ikapus2ikapus2

bisakah anak umur 7 tahun di operasi lasik? dimana tempatnya